CATAT, Ini Jadwal Pilkades Serentak di 294 Desa di Kabupaten Magelang

BNews—MUNGKID— Hampir seluruh desa di Kabupaten Magelang bakal menggelar Pilkades serentak pada 24 November mendatang. Tercatat ada 294 desa yang bakal melakoni pemilihan kepala desa.

Kepala Bidang Pemerintahan dan Kelembagaan Desa pada Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (Dispermades) Kabupaten Magelang, Khoirul Anwar mengatakan, pelaksanaan Pilkades serentak 2019 dibagi dalam beberapa tahapan.

“Tahapan sosialisasi sudah kami laksanakan pada tanggal 8 – 12 Juli, mensosialisasikan persiapan Pilkades untuk pembentukan panitia.

Pada sosialisasi tersebut kami undang Camat, Kades dan Badan Permusyawaratan Desa (BPD),” ucap Khoirul di sela rapat koordinasi panitia Pilkades Kabupaten Magelang, di Ruang Gotong Royong Komplek Setda Kabupaten Magelang, kemarin.

Loading...

Dari hasil sosialisasi tersebut, lanjut Khoirul, pihaknya memerintahkan agar segera dibentuk panitia Pilkades tingkat desa, tahapan pembentukan panitia mulai tanggal 13-19 Juli 2019.

“Jumlah panitia bisa beragam dan berbeda di setiap desa, namun ada panitia inti yaitu ketua panitia, sekretaris, ketua seksi pendaftaran pemilih, dan ketua seksi penjaringan dan penyaringan bakal calon.

Saat ini sudah ada panitia yang terbentuk, dan ada yang masih proses, karena batas waktunya pada 19 Juli besok,” papar Khoirul.

Agar lebih memahami tugas dan kewajibannya, maka selanjutnya panitia tingkat desa akan mendapatkan pembekalan dari panitia tingkat Kabupaten.

“Pembekalan panitia dilaksanakan pada 22 Juli hingga 8 Agustus 2019, dan selanjutnya panitia bisa melaksanakan tugas sesuai dengan tahapan,” harapnya.

Syarat untuk pencalonan Pilkades diantaranya adalah, bersedia dicalonkan menjadi kepala desa, berusia 25 tahun paling rendah saat mendaftar, tidak sedang menjalani hukuman pidana, sehat jasmani dan rohani serta bebas narkoba, tidak pernah sebagai menjabat kepala desa tiga kali masa jabatan baik secara berturut-turut maupun tidak. (bsn/bn1)

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: