Catat…Ini Syarat Pembukaan Destinasi Wisata di Magelang

BNews–MUNGKID– Masih banyak Destinasi Wisata di Kabupaten Magelang tutup karena pandemi covid-19. Namun beberapa lokasi sudah buka juga setelah mendapat surat ijin dari Tim Gugus Tugas Penanganan (GTPP) Covid-19 Kabupaten Magelang.

Namun hal tersebut ditegaskan kembali oleh Bupati Magelang Zaenal Arifin terkait surat ijin bagi daya tarik wisata di Magelang. “Kita berikan ijin jika Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Magelang sudah memberikan rekomendasi,” tegasnya setelah acara di Atria Hotel Sabtu kemarin (11/7/2020).

Menurutnya, apabila Dinkes belum memberikan rekomendasinya, maka pihaknya tidak akan memberikan ijin.

“Dalam hal ini Dinkes yang paling mengetahuii epidemologi suatu wilayah, apakah masuk zona hijau, kuning, merah atau orange. Sehingga daya tarik wisata bisa dibuka lagi setelah tutup selama pandemi covid-19, tergantung dari epidemologinya,” ungkapnya.

Diakuinya, dari ratusan daya tarik wisata yang ajukan ijin, baru 10 yang sedang dalam proses. Sedangkan yang lain masih terus dikaji.

Ia mengingatkan, daya tarik bisa dibuka lagi harus ada simulasi terlebih dahulu. Seperti uji coba dan yang tidak kalah penting adalah protokol kesehatan.

Bupati menambahkan, tidak hanya sektor wisata saja yang sudah banyak mengajukan ijin, namun juga sektor lainnya. Seperti pernikahan, hotel, olahraga maupun pondok pesantren.


Sementara Kepala Dinas Pariwisata, Pemuda Dan Olahraga Magelang, Iwan Sutiarso membenarkan, saat ini ada 10 Daya Tarik Wisata (DTW) yang sedang diproses perijinannya.

Salah satu diantaranya adalah DTW Ketep yang berada di Kecamatan Sawangan. Sedangkan jumlah DTW di seluruh wilayah Kabupaten Magelang, mencapai 210 tempat. (bsn)

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: