WOW…10 ribu Penari Soreng Bakal Pecahkan Rekor MURI di Mungkid

BNews—MUNGKID— Sepuluh ribu penari soreng baakal memecahkan rekor MURI pada 28 Oktober mendatang. Para penari sudah mempersiapkan diri untuk menyambut hari sumpah pemuda tersebut.

Kegiatan yang dikomandoi DInas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Magelang itu akan digelar di Lapangan Drh Soepardi Kota Mungkid. Dipastikan, seluruh lapangan akan dipenuhi para penari soreng dari brbagai wilayah di Kabupaten Magelang.

Advertisements
data-ad-slot="3007616301" data-ad-format="auto">


Plt Sekretaris Disdikbud Kabupaten Magelang, Slamet Ahmad Husein, mengatakan selain untuk memecahkan rekor MURI even ini juga bertujuan untuk melesatarikan tradisi masyarakat. Khususnya kesenian soreng yang tumbuh pesat di wilayah Kabupaten Magelang.


“Tentunya dalam rangka menegaskan kembali cita-cita dan pergerakan kemerdekaan Indonesia melalui Ikrar Sumpah Pemuda,” kata Ahmad Husein, di sela-sela kegiatannya, Rabu (16/10).

Sementara, Ketua Harian Komite Seni Budaya Nusantara (KSBN) Kabupaten Magelang, Mul Budi Santoso, mengatakan penari soreng melibatkan berbagai lintas sanggar, juga pelajar dan mahasiswa.

“Kita akan melibatkan dari anak sekolah, mahasiswa, sanggar, seniman, dan masyarakat umum. Tentunya kita telah persiapkan dari jauh-jauh hari,” pungkas, Mul Budi.

Tari Soreng sendiri merupakan kesenian asli masyarakat Jawa yang merupakan pengejawantahan babad atau cerita rakyat yang diadopsi dari kisah Aryo Penangsang, digambarkan sebagai seorang yang gagah berani yang memiliki banyak prajurit.

Biasanya, pentas kesenian tari soreng tersebut sering dipentaskan dalam adat atau hajatan besar. Gerakkannya pun diambil dari tarian keprajuritan yang dilakukan secara massal. (bsn/wan)

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: