Curi Emas Demi Calon Kekasih, Pelaku Pencurian Diamankan Polisi

BNews—YOGYAKARTA—Seorang pria nekat mencuri perhiasan emas serta handphone di sebuah rumah di Kelurahan Sidoharjo, Samigaluh, Kulonprogo. Dia berencana, emas hasil curiannya itu untuk dipakai sendiri dan diberikan kepada calon kekasihnya.

Kasubag Humas Polres Kulonprogo, Iptu I Nengah Jefry mengatakan pelaku berinisial EP, 26, warga Pengasih, Kulonprogo. Peristiwa pencurian bermula saat pelaku hendak melayat di Samigaluh, Kulonprogo pada 24 Oktober silam.

”Awalnya pelaku ini mau melayat tetapi tertarik membeli salak. Saat berhenti ada rumah kosong dan timbul niat mencuri,” kata Jefry, Rabu (9/12/2020). Dikutip dari inewsyogya.id.

Dia menjelaskan, pelaku saat itu tertarik membeli buah salak yang banyak tumbuh di pekarangan warga. Kemudian berhenti di depan sebuah rumah yang nampak sepi dan untuk memastikan tidak ada orang didalamnya, pelaku mencoba mengetuk pintu dan megucapkan salam.

”Karena tidak ada jawaban, pelaku masuk ke dalam rumah dan mencari barang berharga. Saat itulah dia mendapatkan gelang, cincin dan sepasang anting-anting serta handphone milik korban berinisial AR,” jelas Jefry.

Usai mendapat laporan terkait pencurian tersebut, kata Jefry, kepolisian langsung melakukan penyelidikan dan akhirnya berhasil mengamankan pelaku. Termasuk barang bukti berupa satu gelang emas rantai, cincin emas, separang anting-anting emas, sebuah handphone dan kendaraan bermotor yang digunakan pelaku saat beraksi.

Diketahui bahwa pelaku merupakan residivis kasus pencurian handphone dan laptop yang dipidana di Rutan Pajangan, Bantul.

”Pelaku dinyatakan bebas murni setelah menjalani masa hukuman pada bulan Agustus lalu. Namun empat bulan menghirup udara bebas, dia kembali berurusan hukum,” ujar dia.

Tambah Jefry, pelaku menyimpan perhiasan hasil pencurian tersebut. Rencananya akan dipakai sendiri dan sebagian akan diberikan kepada seorang perempuan yang sedang pelaku dekati untuk dijadikan pacar. 

”Atas perbuatannya, pelaku akan dijerat dengan pasal 362 KUHP tentang pencurian. Ancaman hukumannya maksimal lima tahun penjara,” pungkasnya. (mta)

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: