CV Barokah Merapi Raih Penghargaan Pratik Tambang Terbaik Jateng 2020

BNews–SEMARANG– Salah satu perusahaan tambang mineral galian C di Merapi mendapat penghargaan bergensi dari Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, Sabtu kemarin (15/8/2020). Perusahaan tersebut yakni CV Barokah Merapi yang berlokasi di lereng barat wilayah Kecamatan Dukun Magelang.

Penghargaan tersebut yakni Good Mining Practice Jawa Tengah Tahun 2020. Perusahaan ini mendapat pengharagaan Harapan Kedua Katagori Skala Kecil, yakni hasil produksi yang kecil.

Ajang tahunan tersebut digelar oleh Dinas ESDM Provinsi Jawa Tengah. Sedangkan penyerahan penghargaan langsung diberikan oleh Ganjar Pranowo.

Perlu diketahui bersama, Good Mining Practice (GMP) merupakan salah satu hal yang diterapkan dalam dunia pertambangan. Teknik pertambangan yang baik (GMP) sangat berguna bagi keberlangsungan industri pertambangan. Praktik GMP merupakan keharusan agar penambangan dapat dilaksanakan dengan aman, efektif, dan produktif, serta kelestarian lingkungan tetap terjaga.

“Alhamdulillah mendapatkan pernghargaan tersebut. Dimana sebelumnya sudah dilakukan penilaian oleh Inspektur Tambang Minerba ESDM dan Akademisi,” ungkap Eko Susanto,ST, selaku Kepala Teknik Tambang (KTT) CV Barokah Merapi.

Penyerahan Penghargaan kepad aCV Barokah Merapi
Penyerahan Penghargaan kepad aCV Barokah Merapi

Ia menjelaskan juga, untuk penilaian sendiri berdasarkan managemnt dan realisasi produksi tambah di lokasi. Serta terkait keselamatan kerja dan pengelolaan lingkungan sekitar dengan baik.

Loading...

“Pastinya tetap menjalankan regulasi sesuai undang-undang pertambangan dan lingkungan hidup. Se secara administrasi pajak juga dinilai tertib,” ujar Eko.

DOWLOAD APLIKASI BOROBUDUR NEWS (KLIK DISINI)

Selain itu, lanjutnya peran serta CSR Perusahaan dalam pemberdayaan masyarakat dan lingkungan pihaknya mengaku cukup tinggi. “Kami CV Barokah Merapi memiliki program rutin yakni santunan anak yatim dan kaum dhu’af. Serta membantu program bedah rumah serta berpartisipasi dalam pembangunan failisita umum,” ungkapnya.

Pengembangan bakat seni, olah raga pemuda, dan peduli tanggap bencana tidak terlewatkan juga peran CV Barokah Merapi. Aksi sosialnya tidak perlu dipertanyakan lagi di kalangan masyarakat lereng merapi.

Ia juga mengajak para pengusaha tambang agar mau peduli lingkungan. “Dan jangan lupa mari ikut serta taat pajak demi pembangunan daerah Magelang,” tegasnya.

Eko juga berharap, penghargaan ini mampu mMenambah semangat kerja keluarga besar CV. Barokah Merapi agar lebih baik lagi. “Terpenting tetap utamakan selamat dan semakin peduli terhadap lingkungan,”harapnya.

“Terakhir, hal itu juga mampu mengubah pandangan buruk masyarakat terhadap dunia tambang. Karena kebanyakan mereka menganggap kami para penambang selalu merusak, seperti yang dilakukan para penambang ilegal,” pungkasnya. (bsn)

Kaos Deglang

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: