Daftar 5 Daerah yang Wajibkan Rapid Test Antigen Sebagai Syarat Perjalanan

BNews—MAGELANG—Sejumlah pemerintah daerah di Indonesia menerapkan aturan khusus bagi para pendatang yang akan masuk ke wilayahnya. Hal tersebut guna mengantisipasi penyebaran Covid-19.

Beberapa daerah menerapkan aturan jelang libur Natal dan Tahun Baru 2021. Aturan tersebut yakni setiap pendatang harus membawa  dokumen rapid test antigen atau PCR.

Sebagai informasi, lampiran hasil rapid test antigen kini menjadi syarat perjalanan. Hal tersebut menjadi salah satu kebijakan pemerintah terkait pengetatan mobilitas masyarakat di tengah kondisi pandemi Covid-19.

Berikut rangkuman Borobudur News dari berbagai sumber terkait sejumlah daerah yang mewajibkan rapid test antigen.

Jawa Tengah

Pendatang yang akan masuk ke wilayah Jawa Tengah pada masa libur akhir tahun harus mengantongi hasil negatif dari rapid test antigen.

Melalui akun instagram @kominfo.jateng mengatakan bahwa Rapid antgen menjadi syarat masuk ke Jawa Tengah. Hal ini merupakan salah satu upaya untuk menekan penyebaran Covid-19 menjelang libur Natal dan Tahun Baru.

DI Yogyakarta

Melalui akun instagram Humas Jogja mengatajan bahwa menanggapi kebijakan pemerintah pusat. Terkait persyaratan bagi pelaku perjalanan, Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X menegaskan ”Pelaku perjalanan dari dan menuju DIY wajib melakukan rapid antigen/swab antigen,” tulisnya.

Download Aplikasi Borobudur News (Klik Disini)

DKI Jakarta

Pemerintah Provinsi Jakarta mengeluarkan regulasi baru untuk masyarakat yang hendak berlibur Natal dan Tahun Baru. Mereka yang akan keluar atau masuk ke wilayah ibu DKI Jakarta wajib memiliki surat hasil pemeriksaan rapid test antigen.

Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Syafrin Liputo mengatakan, penerapan aturan tersebut mulai 18 Desember 2020. ”Jadi gini, untuk rapid test antigen itu kan menjadi kebijakan nasional. Artinya bagi penumpang maskapai saat akan membeli tiket itu diwajibkan calon penumpangnya melampirkan hasil test,” katanya, belum lama ini. Dikutip dari Kompas.com.

Bali

Pemerintah Provinsi Bali mengeluarkan Surat Edaran Nomor 2021 Tahun 2020 tentang Kegiatan Pelaksanaan Masyarakat Selama Libur Natal dan Tahun Baru dalam Tatanan Kehidupan Era Baru di Provinsi Bali.

Dilansir dari Intagram pemprov_bali mengatakan bahwa Pelaku Perjalanan Dalam Negeri (PPDN) yang akan menuju ke Bali melalui jalur udara wajib menunjukkan hasil negatif tes PCR. Sedangkan, pelaku perjalanan jalur darat dan laut harus menunjukkan hasil negatif rapid test antigen. Peraturan ini berlaku mulai 18 Desember 2020 hingga 4 Januari 2021.

Jawa Barat

Seluruh wisatawan yang hendak berlibur ke wilayah Jawa Barat harus membawa surat rapid test antigen atau PCR. Aturan tersebut tertuang dalam surat edaran Gubernur Jawa Barat nomor 2020/KPG.03.05/HUKHAM tentang Pelarangan Tahun Baru 2021 dan Pencegahan Kerumunan Massa.

”Implementasi langkah-langkah tersebut dimulai sejak 18 Desember 2020 smapai 8 Januari 2021,” kata Ketua Harian Satgas Penanganan Covid-19 Provinsi Jabar Daud Achmad, Jumat (18/12/2020). Dikutip dari Tribunjogja.com. (mta)

Kaos Deglang

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: