Daftar Wisata Air Terjun di Kabupaten Magelang

BNews—MAGELANG—Kabupaten Magelang merupakan salah satu daerah di Provinsi Jawa Tengah yang memiliki banyak objek wisata. Mulai dari keindahan pegunungan, bangunan candi-candi bersejarah hingga destinasi wisata air.

Wisata air di Kabupaten Magelang yang dapat dikunjungi salah satunya adalah air terjun yang tentunya masih asri dan menyejukkan. Berikut ini beberapa destinasi wisata air terjun yang ada di Magelang.

Curug Lawang Kori

Curug Lawang Kori ini terletak di Windusari Kidul, Windusari, Magelang. Air terjun ini berada di tengah-tengah hutan bambu dan memiliki debit air yang tak terlalu deras.

(@curuglawangkori)

Sebelum sampai ke lokasi air terjun, pengunjung akan disuguhkan jalan setapak berupa tangga serta bebatuan yang cukup unik. Yakni memiliki bentuk persegi panjang yang berdiri tegak dan terlihat seperti ada sebuah pintu di antara sela-sela batu tersebut. Untuk tiket masuk ke wisata ini, pengunjung cukup membayar Rp5 ribu.

Download Musik Keren (Klik Disini)
Loading...

Air Terjun Kedung Kayang

Air terjun Kedung Kayang, berlokasi di antara kaki Gunung Merapi dan Merbabu. Tepatnya berada di Nangrong, Wonolelo, Sawangan, Magelang.

Destinasi ini menyuguhkan pemandangan indah nan eksotis, terdapat juga gardu pandang buatan pada salah satu pohon di air terjun tersebut. Gardu itu dapat dimanfaatkan pengunjung untuk berfoto dengan latar belakang gunung yang dikelilingi rimbunnya pepohonan, selain itu bisa melihat air terjun mengalir dengan indahnya.

NEWS: Air Terjun Kedung Kayang yang tidak pernah surut (Foto: @bang_dedex )
(Foto: @bang_dedex)

Namun ditengah pandemi Covid-19 saat ini, pengunjung belum diperbolehkan bermain air dibawah air terjunnya dan hanya bisa berfoto-foto dispot yang disediakan. Untuk menikmati suasana air terjun ini, pengunjung cukup merogoh uang sebesar Rp4,5 ribu.

Untuk parkir sepeda motor Rp2 ribu, mobil Rp5 ribu dan bus Rp10 ribu. Sementara untuk spot foto dikenakan biaya sebesar Rp5 ribu.

Air terjun Sumuran

Air Terjun Sumuran atau dikenal juga sebagai Air Terjun Seloprojo ini terletak di Desa Seloprojo, Kecamatan Ngablak, Kabupaten Magelang. Wisata ini merupakan daya tarik wisata alam yang tersembunyi dibalik pemukiman desa dan lereng Gunung Telomoyo.

(@sumuranjaya122)

Air Terjun Seloprojo memiliki ketinggian sekitar 30 meter. Para wisatawan hanya akan dikenakan biaya tiket Rp5 ribu saat memasuki wisata ini dan Rp2 ribu untuk parkir sepeda motor.

Air Terjun Sekar Langit

Air Terjun Sekar Langit ini terkenal sebagai air terjun yang menyimpan sejarah mengenai Jaka Tarub, sehingga membuat banyak wisatawan tertarik untuk mengunjunginya. Wisata ini berada di Desa Telogorejo, Kecamatan Grabag, Kabupaten Magelang.

KEREN: Pengunjung sedang berfoto dengan latar belakang air terjun sekar langit (Foto: @lovemagelang)
(Foto: @lovemagelang)

Letaknya berada di lereng Gunung Telomoyo, yang membuat airnya sangatlah bersih, bahkan juga menyimpan banyak pesona sangat eksotis. Untuk mengunjunginya, wisatawan cukup membeli tiket dengan harga Rp5 ribu dan untuk parkir sepeda motor Rp2 ribu serta Mobil Rp5 ribu.

Pengunjung dapat menikmati wisata air ini mulai pukul 08.00 – 18.00 WIB. Namun demikian hingga hari ini, wisata Air Terjun Sekar Langit ini belum membuka kembali bagi wisatawan.

Dapatkan Aplikasi Borobudur News (Klik Disini)

Curug Silawe

Curug yang berada di Dusun Kopeng, Desa Sutopati, Kecamatan Kajoran, Kabupaten Magelang ini memiliki ketinggian sekitar 60 meter. Memiliki dua aliran yakni aliran pertama memiliki debit air yang cukup besar sedangkan yang kedua memiliki debit lebih kecil.

EKSOTIS: Air Terjun Curug Silawe di kaki Gunung Sumbing. (Foto: Istimewa)
(Foto: Istimewa)

Curug Silawe menawarkan udara segar dan cuacanya pun tidak panas sehingga akan membuat pengunjung lebih nyaman. Pengunjung dapat menikmati wisata ini dengan tiket masuk seharga Rp4 ribu dan parkir sepeda motor Rp2,5 ribu.

Curug Delimas

Destinasi ini berada di Desa Girimulyo, Kecamatan Windusari, Magelang. Selain curug yang dapat dijadikan pilihan untuk bermain air, di lokasi ini juga menawarkan sejumlah spot.

(foto : internet)

Spot-spot tersebut antara lain gardu  pandang Cepogo dan Delimas. Kedua gardu pandang ini terbuat dari bambu dan memiliki bentuk yang sangat unik. Pengunjung bisa menikmati hamparan alam pegunungan yang masih sangat hijau.

Bila ingin ke lokasi wisata ini, jarak yang ditempuh sekitar 30 menit dari pusat Kecamatan Windusari. Pengunjung akan dikenakan tarif Rp10 ribu untuk memasuki wisata ini dan parkir sepeda motor Rp3 ribu.

Curug Grenjengan Kembar

Grenjengan Kembar merupakan air terjun yang terletak di Dusun Citran, Desa Muneng Warangan, Kecamatan Pakis, Kabupaten Magelang. Air Terjun Grenjengan Kembar ini memiliki dua buah air terjun yang berdampingan dan satu air terjun yang berjarak sekitar 30 meter.

(foto : internet)

Sumber Air Terjun Grenjengan Kembar ini berasal dari anak sungai Cebong dari lereng Gunung Merbabu. Sebelum masuk curug, pengunjung dikenakan biaya Rp.10 ribu sekaligus untuk tiket parkir.

Dari lokasi parkir, pengunjung harus berjalan kaki sekitar 10-15 menit untuk sampai ke curugnya.

Download Aplikasi Borobudur News (Klik Disini)

Curug Sigetik dan Curug Bujet

Curug Bujet dan Curug Sigetik terletak di dusun Kopeng Wetan, Desa Sutopati, Kecamatan Kajoran,Magelang. Bisa di katakana, belum banyak orang yang mengetahui keindahan dan kealamian mengenai obyek wisata ini.

(@dolan_mamen)

Terdapat dua air terjun di tempat ini yaitu Curug Bujet dan Curug Sigetik yang sangat indah dengan aliran air. Salah satu rute yang dapat ditempuh ke wisata ini adalah dari Kota Magelang menuju Kecamatan Tempuran Kabupaten Magelang kemudian Kecamatan Salaman, Kecamatan Kajoran lantas menuju Desa Suropati.

Curug Watu Ploso

Curug Watu Ploso terletak di Olgung, Giripurno, Borobudur, Magelang. Curug ini memiliki tiga tingkatan dengan tinggi yang bervariasi dengan ketinggian sekitar 10-12 meter dan air terjun pertama atau grojogan satu sebagai daya tarik utamanya.

(@curug_watuploso)

Untuk memasuki tempat wisata ini, pengunjung cukup membayar tiket masuk Rp3 ribu dan Rp2 ribu untuk parkir sepeda motor serta Rp5 ribu untuk parkir mobil. Terdapat beberapa fasilita yang ada di tempat wisata ini. Diantaranya bangunan berbentuk kapal, tempat duduk berbentuk tangan, bangunan keris yang tertancap ke tanah.

Curug Watu Ploso merupakan objek wisata menarik yang berada di kawasan perbukitan yang berdekatan dengan Candi Borobudur Magelang. (mta)

Kaos Deglang

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: