Datangi Kriya Kayu Rik Rok Borobudur, Ini yang Dilakukan Menparekraf Sandiaga Uno

BNews—BOROBUDUR Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno meninjau pembuatan kerajinan tangan berbahan limbah kayu. Yang mana berlokasi Desa Wisata Wanurejo, Kecamatan Borobudur, Kabupaten Magelang pada Jumat (2/4).

Dalam kesempatan itu, Sandi berkeliling di lokasi yang bernama Kriya Kayu Rik Rok tersebut. Dirinya meninjau pembuatan kerajinan mulai dari pemotongan limbah kayu menjadi bentuk-bentuk unik hingga cara pembuatan kerajinan. Bahkan dirinya juga sempat membuat kerajinan pensil.

Sandi menyampaikan kebanggaannya atas inovasi yang dilakukan warga tersebut. ”Saya melihat ada konvergensi dari pelaku usaha ekonomi kreatif. Yaitu pelaku-pelaku yang bisa dikategorikan kriya dan juga produk ramah lingkungan karena ini mengolah limbah,” kata dia pada Jumat (2/4).

Dia menjelaskan bahwa dirinya ditugaskan untuk membangun satu destinasi super prioritas Borobudur. Namun ia mengaku bahwa tida bisa menghadirkan satu destinasi yang berkualitas bila warganya tidak ikut bekerja secara totalitas.

”Kita harus kerja keras, kerja cerdas, kerja tuntas dan kerja ikhlas,” jelasnya.

Dia menyebut, gerakan kewirausahaan yang ditujuan warga tersebut dinilainya menjadi bukti adanya semangat bagi pelaku usaha parekraf untuk bangkit di tengah keterpurukan imbas pandemi Covid-19.

“Kita akan melihat dan memfasilitasi pembukaan peluang usaha. Kita akan dorong desa wisata sebagai program unggulan, program andalan,” ujarnya.

Kepala Dinas Kepemudaan Olahraga dan Pariwisata Jawa Tengah, Sinoeng N Rachmadi yang turut hadir dalam kegiatan itu mengatakan bahwa pihaknya menyambut baik apa yang menjadi arahan dan dorongan dari Menparekraf.

”(Arahan) untuk memperkuat ekonomi kreatif terutama produk-produk bersifat cinderamata yang membangkitkan kreatifitas. Dan kami dari Pemprov Jateng ingin mendorong Kabupaten Magelang khususnya kawasan Borobudur dan sekitarnya akan menjadi episentrum ekonomi kreatif,” katanya. (mta)

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: