Demi Borobudur Nepal Akan Buka Penerbangan ke Indonesia

0
87

BNews-BOROBUDUR- Manajemen pengelola Candi Borobudur terus melebarkan sayap kerjasama. Kali ini, BUMN tersebut melakukan kerjasama dengan Pemerintah Nepal dalam bidang kepariwisataan.

Secara khusus, Dubes Nepal untuk Indonesia Dr Nirajan Man Songh Basnyat melakukan kunjungan ke Candi Borobudur Kabupaten Magelang, sore tadi. Dalam kesempatan itu, Dubes mengadakan Conference On Lumbini The Birthplace Budha di ruang pertemuan Hotel Manohara komplek TWCB.

Tak tanggung-tanggung, Pemerintah Nepal mengatakan akan segera membuka rute penerbangan langsung dari negaranya menuuju Indonesia. Mengingat sejauh ini, penerbangan dari Nepal di Asia Tenggara baru mencapai Malaysia dan SIngapura. “Nanti hasil conference ini akan saya laporkan ke Presiden Nepal agar nantinya bisa saling bersinergi,” pungkasnya.

Menurutnya, Nepal adalah negara yang mayoritas pendudukannya beragam Buddha. Namun, tidak memiliki bangunan semegah Candi Borobudur yang merupakan peninggalan agama Buddha.

“Orang kebanyakan awal mula Budha itu di India, itu salah karena yang benar tempat lahir Budha Gautama adalah di Lumbini Nepal. Dan di sini (Borobudur) ada bangunan Buddha semegah ini,” katanya dalam  bahasa inggris.

Selain ada hubungan dari sisi agama, kerjasama dengan Borobudur juga terkait pariwisata. “Nanti hal ini akan meningkatkan jumlah wisatawan yang akan berkunjung ke Nepal dari Indonesia maupun sebaliknya Nepal ke Indonesia khususnya ke Candi Borobudur karena mayoritas masyarakat Budha beragama budha,” imbuhnya.

Kepala Divisi Layanan PT Taman Wisata Candi Borobudur Prambanan dan Ratu Boko Suhartanto menyambut baik kerjasama tersebut. “Kami dari pihak TWCB menyambut baik conferensi ini sekaligus sebagai ajang promo wisata di Borobudur, walaupun di Nepal simbol Budha tidak seperti disini yang memiliki candi,” ungkap dia.

Umar Chusaeni salah satu penggiat wisata juga menyambut positif hal itu. “Saya harap dengan saling mengenal ini bisa menambah wawasan dan menjalin kerja sama dalam meningkatkan wisata di Nepal maupun Indonesia khususnya di Borobudur,” pungkasnya. (bsn)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here