Desa Ketangi Kaliangkrik Wakili Magelang Lomba Bersih Lingkungan

BNews—MUNGKID— Salah satu Desa di lereng Gunung Sumbing patut berbangga hati. Pasalnya Desa tersebut terpilih mewakili Kabupaten Magelang mengikuti Lomba Lingkungan Bersih (LBS) tingkat Provinsi Jawa Tengah.

Desa Ketangi yang berada di Kecamatan Kaliangkrik Kabupaten Magelang ini dinilai pantas mewakili Kabupaten Magelang untuk LBS 2019. “Peningkatan kesadaran akan arti penting kebersihan dan kesehatan lingkungan memang perlu senantiasa ditumbuhkan. Terutama di masyarakat Pedesaan seperti Desa Ketangi ini yang kita percaya mewakili Kabupaten Magelang,” ungkap Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Magelang, Adi Waryanto.

Advertisements


Melalui kegiatan penilaian lomba lingkungan bersih dan sehat ini, diharapkan mampu meningkatkan peran aparatur pemerintah. “Peran kita yakni tentunya dalam membina dan memberdayakan masyarakat, serta mendorong partisipasi masyarakat dalam menjaga lingkungan,”imbuhnya.


Adi mengungkapkan juga bawah dengan perlombaan ini tentunya kita sambut dengan baik.”Penilaian dan evaluasi kita sambut baik. Karena akan meningkatkan kesadaran serta peran aktif masyarakat dalam menjaga kebersihan dan kesehatan lingkungan,” ungkapnya.

Tahun ini, Desa Ketangi, Kecamatan Kaliangkrik, Magelang telah terpilih dan menjadi nominasi dalam penilaian LBS tahun 2019. “Harapan kami Desa Ketangi ini bisa kembali mengukir prestasi menjadi juara 1 LBS tingkat Provinsi. Sekaligus dapat mewakili Provinsi Jateng ke tingkat nasional, sebagai desa percontohan untuk wilayah Jawa Tengah,” harapnya.

Sementara Ketua Tim Penilai Lomba LBS Tingkat Provinsi Jawa Tengah, Eli Sugardini, mengucapkan selamat kepada Desa Ketangi. Karena meraka yang telah masuk nominasi.

BACA JUGA : Indahnya Keberagaman, SMK PL Muntilan Gelar Lomba Baca Al Kitab dan Al Quran

“Desa Ketangi ini masuk sebagai pelaksana terbaik lingkungan bersih sehat tingkat Provinsi Jawa Tengah tahun 2019,” katanya.

“Karena masuk pelaksan terbaik maka kami laksanakan penilaian langsung ke Desa Ketangi, apakah sesuai dengan apa yang sudah dilaporkan,” tandasnya.

Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Magelang, Christanti Handayani, dalam paparannya mengatakan bahwa, berbagai upaya dan sosialisasi telah dilakukan. Hal ini untuk menjaga kebersihan dan kesehatan lingkungan di Kabupaten Magelang.

“Hal ini juga sesuai dengan visi dan misi Kabupaten Magelang Periode 2019-2024. Yaitu terwujudnya Kabupaten Magelang yang sejahtera, berdaya saing, dan amanah (sedaya amanah),” paparnya.

“Selama ini kita sudah sosialisasikan secara terus menerus bersama dinas terkait. Mengenai lima pilar terkait kebersihan dan kesehatan, antara lain, stop BAB sembarangan, cuci tangan dengan sabun, pengolahan air minum rumah tangga, pengolahan air limbah, dan pengolahan sampah rumah tangga,” pungkasnya. (bsn)

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: