Indahnya Keberagaman, SMK PL Muntilan Gelar Lomba Baca Al Kitab dan Al Quran

BNews—MUNTILAN—Dalam rangka Bulan Kitab Suci Nasional (BKSN), SMK Pangudi Luhur (PL) Muntilan gelar berbagai perlombaan untuk siswa siswinya hari ini (30/9). Dengan mengangkat tema “Mewartakan Kabar Di Era Milineal”, perlombaan ini menumbuhkan jiwa toleransi antar agama.

Pembina OSIS SMK PL, Vibiana Risa mengatakan bahwa kegiatan ini dilaksanakan oleh OSIS SMK PL dan didukung sepenuhnya oleh pihak sekolahan. “Kita gelar beberapa perlombaan yakni membaca Kitab Suci Katholik (Al Kitab), Mazmur (Antar bacaan), Poster tema “Menjadi kabar suka cita di era milineal”, Adzan dan baca Alquran,” katanya saat diwawancarai Borobudurnews di ruangannya (30/9).

Advertisements


MANTAP : Lomba pembacaan Kita Suci Al Quran di SMK Pangudi Luhur Muntilan (30/9)--(Foto--bsn)
MANTAP : Lomba pembacaan Kita Suci Al Quran di SMK Pangudi Luhur Muntilan (30/9)–(Foto–bsn)

Kegiatan ini diikuti oleh perwakilan 23 kelas di SMK Pangudi Luhur Muntilan. “Untuk lomba agama Islam kita datangkan juri yakni Ustad Muhammad Arief dari Karangwatu Muntilan dan Gus Nurul Huda dari Ponpes Misbahudzolam Bendan Ngargosoko Srumbung. Sementara untuk lomba siswa nasrani berasal dari Guru Intern SMK PL Muntilan sendiri,” imbuhnya.


“Nanti masing-masing lomba akan diambil tiga juara. Mereka nantinya akan mendapat uang pembinaan dan akan diserahkan saat upacara Hari Kesaktian Pancasila besok 1 Oktober 2019,” tandasnya.

Sementara Kepala Sekolah SMK Pangudi Luhur Muntilan, FX Yellow Bayu Hermawan mengatakan bahwa tujuan kegiatan ini selain memperingati BKSN yang jatuh bulan September ini juga untuk 100 % PL 100 % toleransi. “Maksudnya yakni tujuannya kita mampu menjunjung tinggi nilai toleransi antar umat beragama dan merasa memiliki SMK Pangudi Luhur,” katanya.

TOP :Kepala Sekolah SMK Pangudi Luhur Muntilan, FX Yellow Bayu Irmawan mengatakan pendidikan karakter siswa salah satunya adalah toleransi antar umat beragama (30/9)--(Foto-bsn)
TOP :Kepala Sekolah SMK Pangudi Luhur Muntilan, FX Yellow Bayu Hermawan mengatakan pendidikan karakter siswa salah satunya adalah toleransi antar umat beragama (30/9)–(Foto-bsn)

Selain itu lomba-lomba tersebut untuk memberikan Pendidikan karakter kepada siswa. “Masalah agama itu merupakan pribadi masing-masing, dan kegiatan ini sebagai pembentukan karakter siswa. Kurikulum karakter agama juga ada meskipun dibawah yayasan kristiani Pangudi Luhur namun toleransi antar umat beragama sangat tinggi disini,” paparnya.

BACA JUGA : Keren…Pelajar MTS Negeri Magelang Gelar Pemilihan Ketua Osis Berbasis Komputer

Perlu diketahui, Jumlah siswa SMK PL Muntilan ini mencapai 678 pelajar dimana 50 % Muslim dan 50 % non muslim atau nasrani. “Acara ini juga sebagai salah satu upaya ujian untuk siswa terkait peribadatan mereka sesuai agamanya. Jadi peribadatan yang dilakukan siswa sehari-sehari kita lombakan beberapa kali ini,” tegasnya.

FX Yellow Bayu Irmawan juga membebrkan bahwa disini (SMK PL) kita sediakan tempat ibadah muslim juga, hal ini notabanenya agar rasa toleransi beragama tetap terjaga. “Harapnnya Iman semakin kuat, jika agamanya tertata dan dijalankan dengan baik. Jika semua itu berjalan semoga siswa-siswa dapat terhindar dari ancaman-ancama negatif seperti narkoba, tawuran, menyontek, mencuri dan lainnya,”harapnya.

Terakhir disampaikan bahwa kedepan para siswa agar lebih dewasa dalam berpikir dan jangan mudah terpengaruh hal hal negatif. “Tetap disiplin dalam belajar, agar sesuai motto sekolah kami yakni Disiplin dan Cepat kerja. Untuk masalah agama atau kepercayaan adalah urusan pribadi, terpenting tetap jaga toleransi antar umat Bergama,” pungkasnya. (bsn)

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: