IKLAN PARTAI HUT DEMOKRAT

Desa Pengawasan dan APU Dibentuk Bawaslu Kabupaten Magelang di 10 Desa

BNews—MUNGKID— Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Magelang bentuk program Desa Pengawasan dan Desa Anti Politik Uang (Desa APU). Mereka bersama sepuluh Desa di Kabupaten Magelang sudah mendeklarasikannya beberapa waktu lalu.

Program tersebut dijalankan untuk melanjutkan program-program yang telah dirintis tahun sebelumnya, guna mewujudkan kampung demokrasi. Dimana hal ini Bawaslu Kabupaten Magelang telah merintis beberapa program demi mewujudkan warga sadar demokrasi .

Deklarasi program tersebut berlangsung sejak Desember 2017, diimana dibentuk Program Kampung Anti Money Politic di Dusun Sawangan, Desa Sawangan, Kecamatan Sawangan. Kemudian disusul Dusun Pandeyan, Desa Deyangan, Kecamatan Mertoyudan pada Februari 2018. Serta menjelang Pemilu 2019 dibentuk Desa APU di Desa Somoketro, Kecamatan Salam.

Pada tahun ini (2020), Bawaslu menggandeng 10 desa di Kabupaten Magelang untuk membentuk Desa Pengawasan dan Desa APU. Pembentukan ini melanjutkan rintisan program yang telah dilaskanakan tahun-tahun sebelumyna.

“Pembentukan desa binaan ini sebagai follow up atas dibentuknya Desa Pengawasan dan Desa APU pada tahun 2019 lalu. Kami bertekad meneguhkan semangat demokrasi sekalipun daerah tidak sedang melaksnakan Pemilu maupun Pilkada,” ujar M. Habib Shaleh SS, Ketua Bawaslu Kabupaten Magelang.

Kesepuluh desa yang diajak kerjasama dalam program desa Pengawasan dan Desa APU adalah desa-desa yangerletak di Lereng Gunung Andong, Gunung Telomoyo, Gunung Merapi, Gunung Menoreh dan Gunung Sumbing. Habib mengungkapkan pihaknya telah menandatangani MoU dan Program Kerja Sama (PKS) dengan kepala desa yang bersangkutan.

“MoU dan Perjanjian Kerja Sama terkait Desa Pengawasan sudah ditandatangani para Kepala Desa. Ini menjadi payung hukum kerja sama yang sudah berjalan baik selama ini dan kerja sama di masa depan,” kata Habib.

Loading...
DOWNLOAD APLIKASI BOROBUDUR NEWS (KLIK DISINI)

Lebih lanjut Habib menjelaskan Kepala Desa yang sudah menandatangani MoU dan Perjanjian Kerja Sama (PKS) tentang Program Desa APU adalah Desa Jogoyasan, Desa Pagergunung, Desa Pandean; Desa Sumberejo, dan Desa Girirejo. Desa-desa tersebut terletak di Lereng Gunung Andong dan Gunung Telomoyo.

Selain itu penandatanganan MoU dan PKS Desa APU juga dilakukan oleh Kepala Desa Kaliurang, Kecamatan Srumbung Kiptiyah dan Kepala Desa Ngawen, Kecamatan Muntilan Daru Apsari. Adapun untuk Desa Sambak, Kecamatan Kajoran masih dalam proses.

Sementara Komisioner Bawaslu Kabupaten Magelang Sumarni Aini Chabibah menyampaikan pihaknya berharap sinergitas antara desa dengan Bawaslu semoga dapat meningkatkan kualitas demokrasi.

“Kami berharap akan ada sinergitas antara desa dengan Bawaslu demi meningkatkan kualitas demokrasi di Kabupaten Magelang. Penguatan nilai-nilai demokrasi harus tetap diteguhkan kepada masayarakat, meski sedang tidak melaksanakan Pemilu dan Pilkada,” tambahnya. (magang/bsn)

Kaos Deglang

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: