Di Gerbang Gajah Borobudur, Desa Wisata Terbaik 2022 di Jateng Diumumkan

BNews–MAGELANG–Malam penganugerahan Desa Wisata terbaik di Jateng berlangsung pada Sabtu (26/11) bertempat di Gerbang Gajah Desa Kembanglimus,Borobudur. Dimana acara dikemas Gelar Seni Budaya sebagai Atraksi Wisata DPSP Borobudur, Event Bersama Kedu Raya; Sport tourism Jemparingan, Gelar Deswita Jateng & Pameran Produk Kewirausahaan Pemuda.

Dalam ajang tersebut, Desa Wisata Kreatif Pekunden di Kabupaten Banyumas menjadi Juara 1 dalam ajang Gelar Desa Wisata Jawa Tengah tahun 2022.  Posisi juara 2 ialah Desa Wisata Muncar (Kabupaten Semarang) dan juara 3 ialah Desa Wisata Sambongrejo (Kabupaten Blora).

Sementara itu untuk juara harapan 1,2, dan 3 secara berurutan diraih oleh Desa Wisata Sidowarno (Kabupaten Klaten); Desa Wisata Dawuhan (Kabupaten Banjarnegara) dan Desa Wisata Somongari (Kabupaten Purworejo).

Adapun juara untuk kategori Paket Wisata diberikan kepada Desa Wisata Kandri (Kota Semarang);  Kategori Seni Budaya kepada Desa Wisata Giyanti (Kabupaten Wonosobo); kategori Sapta Pesona dan CHSE kepada Desa Wisata Conto (Kabupaten Wonogiri); dan kategori Homestay dan Toilet Bersih kepada Desa Wisata Karangrejo (Kabupaten Magelang).

Desa Wisata Kreatif Pekunden yang diresmikan pada akhir Desember 2021 lalu ini memiliki banyak potensi wisata yang menarik.

Dikutip dari Instagram @deswita_pekunden, Desa ini memiliki Kampung Nopia Mino untuk menyaksikan langsung proses pembuatan oleh-oleh khas Banyumasan tersebut yang masih dilakukan secara tradisional dengan tungku yang terbuat dari tanah liat.

Selain itu, lokasi Desa Pekunden yang tidak jauh dari kawasan Kota Lama Banyumas akan membawa wisatawan nostalgia ke masa lampau dengan bangunan-bangunan kuno bernilai sejarah.

DOWNLOAD APLIKASI BOROBUDUR NEWS (KLIK DISINI)

Desa Wisata Kreatif Pekunden juga menawarkan beragam wisata edukasi, seperti melihat proses pembuatan Gamelan di Oemah Gamelan; budidaya dan petik buah naga, proses pembuatan batik tulis, dan lainnya. (bsn)

About The Author

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: