Di Jateng, Seorang Pelajar Ditemukan Terkonfirmasi Positif Covid-19

BNews—JATENG— Untuk pertama kalinya di Jawa Tengah seorang pelajar diketahui terkonfirmasi positif Covid-19. Pelajar SMA itu berasal dari Mayong Kabupaten Jepara.

Pelajar putri berusia 17 tahun itu merupakan kasus pertama pelajar di Jawa Tengah. “Satu pasien terkonfirmasi positif adalah seorang pelajar putri,” kata Juru bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Virus Covid-19 dr. Fakhruddin, Kamis (23/4/2020) sore.

Menurut Fakhruddin, pelajar sebuah sekolah SLTA tersebut sebelumnya sempat mendapatkan perawatan di rumah sakit Kudus pada tanggal 11 hingga 18 April dengan penyakit penyerta.

Pasien kemudian diperbolehkan pulang. Namun, hasil swab keluar dan dinyatakan positif.

“Dengan status tersebut, ia akan dibawa kembali ke rumah sakit tempat dirawat semula di Kudus. Namun RS Kudus yang menjadi tempat pemeriksaan awal saat ini sudah penuh, begitu juga RSUD Kartini Jepara. Ini kita sedang proses untuk dirujuk ke RS Rehatta Kelet ,” ujar Fakhruddin

Dari kasus tersebut, Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 bergerak cepat untuk melakukan pelacakan kontak warga sekitar tempat tinggal pasien. Temasuk beberapa kemungkinan penyebab tertularnya pasien dengan virus korona.

Sedangkan dari hasil pelacakan kontak yang dilakukan hari ini, ternyata setelah pulang dari RS Kudus, banyak teman-temannya yang menjenguk. Sehingga ini juga harus dilakukan pemeriksaan,” katanya.

Loading...

Dari hasil pelacakan kontak, ada beberapa kemungkinan pelajar SLTA tersebut tertular virus corona. “Pertama, tempat pengobatan tradisional dekat tempat tinggalnya dan kemungkinan kedua, tertular dari salah seorang pelaku perjalanan dari Jakarta.

Sebab gadis berusia 17 tahun tersebut pernah menjalani pengobatan tradisional, juga pernah melakukan kontak dengan pelaku perjalanan dari Jakarta,” ujar Fakhruddin. (her/wan)

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: