Rawan Terkena Awan Panas Merapi, Jalur di Kaliurang Magelang Ditutup

BNews—SRUMBUNG— Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG) menyebut Desa Kaliurang di Kabupaten Magelang merupakan kawasan rawan terdampak awan panas. Memperhitungkan ancaman ’wedus gembel Gunung Merapi, pihaknya meminta seluruh warga untuk meningkatkan kesiapsiagaan dan antisipasi risiko bencana.

Keputusan BPPTKG tersebut tertuang dalam surat edaran tentang Kesiapsiagaan Peningkatan Status Siaga (Level III) Gunung Merapi seperti yang diterima redaksi. Surat bernomor 145/502/003/XI/2020 itu menyebutkan bahwa Desa Kaliurang masuk dalam kategori skenario (5).

”Dimana wilayah Desa Kaliurang di Kecamatan Srumbung berada pada kurang lebih 500 meter dari tepi kanan dan kiri model aliran awan panas,” tulisnya dalam surat tersebut seperti dikutip Borobudur News, Jumat (20/11).

Diberitahukan juga kepada seluruh masyarakat Desa Kaliurang bahwa dalam rangka kesiapsiagaan dan antisipasi pengurangan risiko bencana maka ada dua poin penting yang wajib dipatuhi. Yakni tentang penutupan jalur evakuasi untuk akses angutan Galian C dan meningkatkan kewaspadaan terhadap bahaya Merapi.

Berikut imbauan lengkap surat edaran yang diterbitkan BPPTKG kepada warga Desa Kaliurang:

  1. Jalur evakuasi Desa Kaliurang sementara waktu DITUTUP untuk jalur angkuitan material Golongan C mulai hari Jumat, 20 November 2020 sampai status Merapi diturunkan (Stabil)
  2. Mengimbau kepada seluruh warga masyarakat Desa Kaliurang agar tetap tenang namun harus meningkatkan kewaspadaan dan kesiapsiagaan. (han)

Loading...
Kaos Deglang

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: