Di Magelang Urus SIM Bisa Booking Lewat WhatsApp, Begini Caranya

BNews–MAGELANG– Kemudahan diberikan kepada masyarakat untuk mengurus Surat Izin Mengemudi (SIM). Dimana Satuan Pelaksana SIM Polres Magelang meluncurkan layanan SIM Booking Satpas (Simbook).

Kasatlantas Polres Magelang Kota AKP Supriyanto menjelaskan layanan ini baru diluncurkan Satpas SIM Polres Magelang Kota di Maret 2022.

Layanan ini dapat mempermudah masyarakat untuk mengurus SIM, baik permohonan SIM baru, perpanjangan, peningkatan, hilang, ataupun rusak.

“Layanan ini juga menjadi sarana untuk mengurangi penumpukan antrean saat pengurusan,” jelasnya Minggu (27/3).

Supriyanto mengatakan Simbook ini akan mempermudah masyarakat dalam mengisi formulir melalui pesan whatsapp.

Masyarakat nantinya hanya melakukan chat WA ke nomor operator Satpas, yakni di nomor 0812-2773-8090. Kemudian dengan panduan dari admin pemohon tinggal mengisi data yang sudah disiapkan melalui WA.

“Nantinya formulir pemohon akan dituliskan oleh petugas kita sesuai dengan data yang terkirim melalui WA,” imbuhnya.

DOWNLOAD APLIKASI BOROBUDUR NEWS (KLIK DISINI)

Sesampainya di Satpas yang sesuai dengan tanggal kedatangan, pemohon tinggal melakukan konfirmasi dan menyerahkan hasil tes kesehatan jasmani, kesehatan rohani, dan fotokopi KTP. Pemohon sudah tidak perlu menulis formulir.

“Saya berharap dengan adanya pelayanan ini dapat memberikan kemudahan masyarakat dalam mengurus SIM, dan bisa merasakan pelayanan SIM dengan cepat,” ujarnya.

Supriyanto juga menambahkan pihaknya saat ini juga sudah memberikan pelayanan atau loket khusus untuk penyandang disabilitas. Yang diberi nama Si Pakde (SIM untuk penyandang disabilitas.

“Jadinya layanan ini akan disendirikan dan dikhususkan untuk masyarakat penyandang disabilitas. Sehingga mereka bisa lebih nyaman dalam membuat SIM,” ucapnya. (*)

About The Author

2 Comments
  1. Istukul al khoirunabah says

    Minta no watsaap untuk perpanjang sim kabupaten magelang

    1. BNews 2 says

      Nomornya tertera dalam artikel

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

error: Content is protected !!