Dinkes Sidak Penerapan Protokol Kesehatan di Artos Mall

BNews—MAGELANG—Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Magelang mengadakan peninjauan protokol kesehatan di Artos Mall, hari ini (22/7/2020). Kegiatan dilakukan dengan menggandeng berbagai pihak terkait.

Kepala Dinkes Kabupaten Magelang Retno Indrastuti mengungkapkan kegiatan tersebut untuk memantau penerapan tujuh prinsip dasar protokol kesehatan di pusat perbelanjaan. Pemantauan dibagi menjadi dua divisi yakni divisi kampanye dan penegakan disiplin, yang kedua divisi tinjauan penerapan protokol kesehatan di Artos Mall.

”Kedua tim terdiri dari Polsek dan Koramil Mertoyudan, Satpol PP dan Dishub Kabupaten Magelang, Puskesmas dan Forkompimcam Mertoyudan serta Dinkes Kabupaten Magelang,” ungkapnya.

Retno menjelaskan kegiatan tersebut dilakukan dengan rutin seperti di pasar-pasar yang ada di Kabupaten Magelang. Sementara untuk fasilitas penunjang protokol kesehatan, ia menyebut, bagi pihak yang dapat menyediakan sendiri maka pihaknya akan mendorong untuk mandiri.

”Namun bagi pihak yang memerlukan, akan diusahakan untuk dibantu. Seperti beberapa waktu lalu, kami membantu ratusan handsanitizer dan stiker kepada angkot-angkot di wilayah Kabupaten Magelang,” jelasnya.

Disinggung terkait fasilitas rapid test bagi sekolah-sekolah yang nantinya akan melaksanakan kegiatan belajar mengajar dengan tatap muka, Retno menyebut akan berkoordinasi dahulu dengan Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Magelang.

”Kita harus koordinasi, jika itu (fasilitas rapid test) menjadi kebutuhan dan unit tersebut tidak bisa mandiri, ya kami upayakan untuk membantu,” imbuh Retno.

Sementara itu, Retno menyampaikan bahwa saat ini pihaknya masih terus menggelar rapid test bagi sasaran-sasaran seperti hasil tracing. Kemudian bagi masyarakat diluar tracing namun diketahui memiliki komorbid atau penyakit yang mengkhawatirkan.

”Itu menjadi prioritas kami untuk dilakukan screening dan untuk alat rapid testnya sendiri, hingga kini kami masih memiliki sekitar 2500 unit. Saat ini kami sedang mengusulkan alat swab test,” papar dia.

Tambahnya, pengajuan alat swab tersebut agar nantinya dapat langsung mendeteksi positif atau tidaknya terinfeksi virus corona. ”Nantinya yang akan di test, mulai dari orang yang berkontak dekat kemudian sasaran-sasarang yang prioritas,” pungkasnya. (mta)

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: