Disdikbud Kabupaten Magelang Lakukan Persiapan Pembelajaran Tatap Muka

BNews–MAGELANG– Terkait pendidikan di Kabupaten Magelang untuk pembelajaran tatap muka di sekolah terus dipersiapkan oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud). Hal ini mengantisipasi jika sewaktu-waktu pemerintah pusat menginstruksikan agar kegiatan itu digelar.

Kepala Disdikbud Kabupaten Magelang, Aziz Amin mengatakan Persiapan yang dilakukan meliputi fasilitas sarana dan juga prasarana di masa adaptasi kebiasaan baru.

“Sebenarnya sampai saat ini belum ada rencana pembelajaran tatap muka. Kami masih mengoptimalkan pembelajaran jarak jauh dan belajar dari rumah. Namun satuan pendidikan terus menyiapkan fasilitas sarana dan prasarana pendukung tatap muka,” katanya (17/3/2021). dilangsir Tribun.

Dia juga menyampaikan bahwa  persiapan fasilitas pendukung itu tetap perlu diadakan. Sebab pandemi Covid-19 yang tak kunjung mereda mengharuskan aktivitas mesti disesuaikan dengan masa adaptasi kebiasaan baru.

Adapun sejumlah fasilitas yang tengah diproses yakni berupa tempat cuci tangan, tanda petunjuk penggunaan masker di tiap sekolah, kursi yang telah berjaga jarak, serta sekat pendukung.

“Kami juga fasilitasi sekolah dengan sarana thermogun, tempat cuci tangan, masker, desain pembelajaran di masa transisi (bergilir). Persiapan itu juga sambil menunggu proses vaksinasi untuk para tenaga pendidik,” ujarnya.

Dijelaskan, saat ini proses vaksinasi Covid-19 di Kabupaten Magelang khusus di satuan pendidikan masih menyasar para Kepala Sekolah.

DOWNLOAD APLIKASI BOROBUDUR NEWS (KLIK DISINi)

Nantinya vaksinasi akan dilanjutkan pula kepada para tenaga pendidik di lingkungan Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP) di wilayah setempat.

Di lain hal, wacana pembelajaran tatap muka disebut Aziz juga mesti disiapkan pula dengan sosialisasi kepada para orang tua murid dan mesti mendapat izin dari mereka serta Satgas penanganan Covid-19 wilayah setempat.

Selain itu sekolah juga diharapkan untuk terlebih dahulu melakukan simulasi serta uji coba.

“Sebelumnya itu perlu dilakukan sambil memastikan bahwa kesiapan UKS berjalan optimal, kebersihan lingkungan sekolah, dan berkoordinasi dengan Puskesmas setempat,” ujarnya.

Sementara, wacana penyelenggaraan pembelajaran tatap muka digulirkan oleh pemerintah pusat pada tahun ajaran baru mendatang.

Untuk itu sejumlah Kabupaten dan Kota disebut tengah bersiap.

“Wacananya tahun ajaran baru mendatang ya, apabila semua unsur sudah terkondisi dengan baik terutama kasus terkonfirmasi Covid-19 sudah habis atau turun,” pungkas Aziznya. (*)

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: