Disparpora Kabupaten Magelang Gelar Pembinaan Pokdarwis di Kaliangkrik

BNews—MAGELANG— Kepala Dinas Pariwisata Kepemudaan dan Olahraga (Disparpora) Kabupaten Magelang, Slamet Achmad Husein membuka kegiatan Pembinaan Kelompok Sadar Wisata. Yang mana berlokasi di Desa Temanggung, Kecamatan Kaliangkrik, Kabupaten Magelang, pada Jumat (4/6/2021) lalu.

Dalam sambutannya, Husein mengatakan, Pokdarwis harus memacu peran dan partisipasi masyarakat dalam membangun potensi wisata yang dimiliki desanya. Sehingga pengetahuan dan keahlian dalam kepariwisataan warga desa terus berkembang.

”Dengan demikian, diharapkan pariwisata bakal bisa memberikan kontribusi yang nyata bagi peningkatan ekonomi warga desa,” kata dia.

Pokdarwis secara luas, kata Husein, bertanggungjawab penuh mengenai bagaimana menciptakan manfaat kepariwisataan bagi warga masyarakat, terutama anggota Pokdarwis sendiri. Sedangkan, secara keorganisasian, agar terus berupaya mensukseskan pembangunan kepariwisataan di desa.

”Pokdarwis ini memiliki peran penting dalam pengembangan kepariwisataan di daerah. Sehingga keberadaannya perlu terus didukung dan dibina,” imbuhnya.

Lebih lanjut, Husein menyebut, pembangunan kepariwisataan juga harus memperhatikan posisi dan peran masyarakat baik sebagai pelaku maupun penerima manfaat pengembangan. Karena dukungan masyarakat turut menentukan keberhasilan jangka panjang pengembangan kepriwisataan.

Sebagai informasi, dalam pembinaan Pokdarwis ini, Disparpora Kabupaten Magelang menugaskan Kabid Destinasi dan Industri Pariwisata dan Pengelola Desa Wisata Candirejo sekaligus Ketua Forum Desa Wisata Jawa Tengah, Tatak Sariawan. Yakni sebagai narasumber dengan jumlah peserta 20 orang. (mta)

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: