DPRD Kabupaten Magelang Bentuk Satgas Pengawasan Program Covid-19

BNews–MUNGKID– Satgas Pengawasan Penangana Covid-19 DPRD Kabupaten Magelang dibentuk kamis kemarin (23/4/2020). Satgas ini dibentuk sebagai bagian dari tugas, fungsi dan kewenangan lembaga legislatif untuk meningkatkan koordinasi sekaligus mengawasi kinerja eksekutif.

Dimana selama Pandemi Covid-19 ini, ada tugas tambahan dari pemerintah pusat kepada daerah untuk menangani dan menghentikan penyebaran virus corona melalui gugus tugas. “Terkait hal itulah, kami bersama masyarakat tentu akan selalu memonitor dan mengawasi. Yakni perjalanan gugus tugas tersebut agar berjalan optimal, efektif dan efisien,” kata Wakil Ketua DPRD Kabupaten Magelang, Suharno.

Ia juga mengungkapkan satgas yang dibentuk ini, bukan untuk mencari-cari kesalahan. “Satgas ini untuk memastikan bekerja dengan cepat, baik dan benar. Sehingga penyebaran virus corona di wilayah ini dapat segara dihentikan,” ungkapnya.

Perlu diketahaui susunan pengurus Satgas tersebut, diketuai oleh Grengseng Pamudji dari Fraksi PDI Perjuangan dengan Wakil Ketua Prihadi dari Fraksi Gerindra. Untuk anggota, terdiri dari Sakir, Gunawan Yekti dari FPDIP dan Sukur Akhadi, Suherman dari FPKB.  Kemudian Prihadi dan Suroso Singgih dari Fraksi Gerindra, Nurcholis dari Fraksi Golkar, Sobikin dari Fraksi PPP, Fiqi Akhmad dari FPKS serta Sonhaji dari Fraksi Amanat Demokrat.

BACA JUGA : DPRD Tegaskan Dinkes Jangan Serampangan Lakukan Rapid Test

Ketua Satgas Pengawas Penanganan Covid-19, Grengseng Pamudji sejauh ini mengapresiasi segala upaya yang telah dilakukan Pemkab Magelang melalui Gugus Tugas. “Kami apresiasi sejauh ini, namun tanpa dukungan semua pihak, tentu tidak akan berhasil. Kami ingin, gugus tugas bekerja optimal lagi sehingga pandemi covid-19 di wilayah ini segera dapat diatasi,” ujarnya.

Ia juga menyampaikan beberapa tugas Satgas ini antara lain, membantu pelaksanaan tugas Gugus Tugas Percepatan Penanganan Corona Virus Disease (Covid-19) Kabupaten Magelang. “Tentunya kita membantu dalam melaksanakan pengawasan. Khususnya terhadap pelaksanaan APBD Kabupaten Magelang untuk penanganan Covid-19,” ungkapnya.

Loading...

Satgas ini nanti akan rapat koordinasi dan rapat kerja dengan Gugus Tugas Percepatan Penanganan Corona Covid-19 Kabupaten Magelang dan Perangkat Daerah. “Ini terkait melaksanakan kunjungan kerja dan atau tinjauan lapangan dalam rangka pelaksanaan tugas Satuan Tugas Pengawasan,” paparnya.

“Pengawasan refocusing APBD Kabupaten Magelang dalam rangka menjamin kemudahan upaya pencegahan, pengendalian, dan penanggulangan Pandemi Covid-19 di wilayah ini juga termasuk,” tegasnya.

Grengseng mengaku hal tersebut sesuai Instruksi Presiden Nomor 4 Tahun 2020 tentang Refocusing Kegiatan, Realokasi Anggaran, serta Pengadaan Barang dan Jasa Dalam Rangka Percepatan Penanganan Covid-19. “Serta ada sesuai Surat Edaran Kepala LKPP Nomor 3 Tahun 2020 tentang Penjelasan Atas Pelaksanaan Pengadaan Barang/Jasa Dalam Rangka Penanganan Corona,” pungkasnya. (bsn)

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: