Dua Bangunan Candi Di Lereng Merapi Magelang Ditutup Plastik

BNews–MAGELANG– Selain stupa Candi Borobudur dan Mendut yang ditutup terpal untuk antisipasi hujan abu merapi, ternyata ada candi lain yang ditutup juga. Lokasi itu adalah Candi Asu dan Candi Pendem di Desa Sengi Kecamatan Dukun, Kabupaten Magelang.

Kedua Candi tersebut diketahui ditutup dengan plastik untuk melindunginya dari hujan abu akibat erupsi Gunung Merapi.

Teknisi Konservasi Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Provinsi Jawa Tengah, Mantoro mengatakan BPBD Provinsi Jawa Tengah memberikan arahannya kepada pihaknya. Yakni untuk menutup candi-candi yang berdekatan dengan Gunung Merapi.

Sejumlah candi tersebut, yakni di Kabupaten Boyolali meliputi Candi Sari dan Petirtaan Cabean Kunti, kemudian di Kabupaten Magelang Candi Asu dan Candi Pendem.

“BPCB Propinsi Jawa Tengah memberi arahan untuk menutup candi-candi yang berdekatan dengan Gunung Merapi untuk mengantisipasi hujan abu jika terjadinya erupsi Gunung Merapi,” katanya, Senin (1/2/2021).

Penutupan candi dengan plastik tersebut diharapkan jika terjadi hujan abu tidak mengenai batuan candi.

Juru Pelihara Candi Asu dan Pendem, mengatakan penutupan Candi Asu dengan plastik dilakukan pada Jumat 29 Januari, kemudian Candi Pendem ditutup pada Sabtu 30 Januari namun belum selesai.

Jarak antara Candi Asu dengan Candi Pendem sekitar 300 sampai 400 meter.

Menurut dia, kunjungan wisatawan di kedua candi tersebut masih dilarang. Penutupan kunjungan wisatawan mulai 5 Desember 2020 hingga sekarang.

Hal ini juga dibenarkan oleh Kepala Dusun Candi Asu Desa Sengi, Wawan saat dihubungi Borobudur News Senin malam.

“Iya sudah ditutup plastik beberapa hari lalu. Dan ini jarang, karena di erupsi sebelumnya juga tidak ditutup,” ujarnya. (*)

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: