IKLAN PARTAI HUT DEMOKRAT

Fakta Korupsi Kredit Fiktif Rp 4,4 Miliar di Bank Jateng

BNews—SEMARANG— Bank Jateng tak luput dari masalah yang membelit. Belum lama ini, di Magelang ATM bank plat merah itu coba di bobol, selain itu, masih ada kasus dugaan korupsi Rp 4,43 miliar yang dilakukan oleh Mantan Kepala Cabangnya.

Kasus ini masih dalam proses persidangan di Pengadilan Tipikor Semarang. Terdakwa adalah Kepala Cabang Ambarawa Agus Yulianto yang sekarang sudah dinoaktifkan.

Dikutip dari laman resmi Direktori Putusan Mahkamah Agung Pengadilan Tipikor Semarang, kerugian negara yang dialami bank pembangunan daerah Jawa Tengah tersebut berasal dari kredit fiktif.

Jaksa menjelaskan tindak pidana tersebut terjadi pada kurun waktu 2016 hingga 2017. Kredit fiktif tersebut, lanjut dia, diajukan melalui kredit usaha produktif dan kredit Mitra 25 milik Bank Jateng.

Loading...

Melalui kredit usaha produktif, kata dia, terdapat sejumlah debitur yang mengajukan pinjaman dengan besaran bervariasi. Namun, menurut dia, kredit dengan total Rp 3,125 miliar tersebut diajukan oleh perantara pihak ketiga.

Sementara pada kredit Mitra 25, terdapat pengajuan kredit dari 48 nasabah yang juga diajukan melalui perantara. Total kredit yang dikucurkan pada program Mitra 25 tersebut total mencapai Rp 1,2 miliar. Menurut jaksa, dalam penilaian yang dilakukan petugas Bank Jateng, para debitur tersebut sesungguhnya tidak layak untuk memperoleh pembiayaan.

“Terdakwa Agus Yulianto memerintahkan agar pengajuan kredit para debitur tersebut tetap dicairkan,” tulis amar dakwaan dalam sidang yang diketuai Hakim Sulistyono.

Terdakwa sendiri, dalam dakwaan jaksa, telah memanfaatkan fasilitas ktedit bagi para nasabah tersebut untuk kepentingannya sendiri dengan total mencapai Rp 459 juta. Atas perbuatannya, terdakwa dijerat dengan Pasal 2 atau pasal 3 Undang-undang Nomor 31 tahun 1999 yang telah diubah dan ditambahkan dengan Undang-undang Nomor 20 tahun 2001 tentang pemberantasan tindak pidana korupsi.

Sidang masih dalam proses pemeriksaan saksi saksi. (internet/bn1/bsn)

Kaos Deglang

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: