Fantastis, Ini Jumlah Hewan yang Dikurbankan di Magelang

BNews—MUNGKID— Kesadaran masyarakat di Kabupaten Magelang tentang arti berkurban sepertinya semakin meningkat. Hal ini bisa diketahui dari data hewan yang dikurbankan setiap tahunnya.

Kepala Seksi Kesehatan Masyarakat Veterinier (Kesmavet) Dinas Peternakan dan Perikanan (Peterikan) Kabupaten Magelang, Tri Hartati, mengatakan, hewan kurban yang dipotong tahun 2019 ini diperkirakan lebih banyak dari tahun lalu. Pihaknya masih belum menghitung secara keseluruhan karena masih ada beberapa hari kedepan.

Di tahun 2018 lalu saja ada 3.300 ekor sapi yang dikurbankan. Domba sebanyak 12.000 ekor, dan kambing 9.000 ekor.

“Jumlah populasi hewan kurban mengalami surplus setiap tahun, jadi bisa jadi bertambah. Lebaran kurban tahun ini lebih banyak untuk sapi. Masyarakat memilih sapi karena lebih banyak menghasilkan daging pada saat dipotong,” ujarnya.

Dinas Peterikan sendiri telah memberikan pelatihan khusus kepada para takmir masjid mengenai cara memotong hewan kurban yang baik dan benar.

Selain itu, para takmir dan panitia lebaran kurban juga sudah menggunakan besek yang terbuat dari anyaman bambu dan tidak menggunakan plastik untuk membungkus daging.

“Kami beri pelatihan khusus kepada 300 para takmir masjid di Kabupaten Magelang mengenai cara memotong hewan kurban yang benar,” ungkapnya. (bn1/wan)

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: