Festival Durian Ajang Promosi Durian Khas Magelang

0
773
KEREN : Ribuan masyarakat grebeg gunung durian di Festival Candimulyo 2019 (9/3)--(foto--Istimewa)
KEREN : Ribuan masyarakat grebeg gunung durian di Festival Candimulyo 2019 (9/3)--(foto--Istimewa)

BNews—CANDIMULYO—Ribuan masyarakat serbu gunungan durian di Candimulyo siang tadi (9/3). Hal ini dalam rangka pembukaan Festival Durian Candimulyo tahun 2019 yang digelar di Lapanagn Kecamatan Candimulyo Kabupaten Magelang.

 

Ketua Panitia Festival Durian Candimulyo 2019, sekaligus Kepala Desa Surojoyo, Triyono mengatakan bahwa puuhan gunungan tersebut perwakilan dari 19 Desa di Candimulyo. “Semua durian tersebut asli merupakan hasil panen petani durian Candimulyo yang sudah terkenal menjadi salah satu sentra Durian khas Magelang,” katanya.

 

Perlu diketahui bahwa populasi tanaman durian di Candimulyo sendiri saat ini telah mencapai kurang lebih 12.272 batang, setara dengan 97, 7 hektar yang tersebar di 19 Desa di Kecamatan Candimulyo. “Dimana setiap pohon jika panen bisa mencapai 75-100 buah per pohonnya, dan istimewanya lagi bagi pohon yang umurnya bekisar 40-50 tahun bisa menghasilkan panen durian 200-400 buah per pohonya,” imbuhnya.

 

Sebanyak 19 Gunungan Durian dikirab secara berurutan menuju lapangan Kecamatan Candimulyo. Dimana setiap gunung berisi kurang lebih 100 buah duriah siap makan.

 

Dalam event Festival Durian Candimulyo 2019 ini berbagai macam kegiatan juga digelar. “Kegiatan mulai kirab gunug durian, grebeg gunung durian, kontes buah durian terbesar, olahan durian serta stand bazar durian Candimulyo,” paparnya.

 

Setelah acara dibuka oleh Wakil Bupati Magelang Edy Cahyana, puluhan gunung durian tersebut diserbu masyarakat yang hadir memadati lapangan Candimulyo. “Setelah dilakukan kirab dan penilaian, gunung tersebut di grebeg masyarakat secara gratis,” ujarnya.

 

Dalam perlombaan gunungan durian tersebut diperoleh juara l gunungan durian sendiri doleh Desa Giyanti, juara ll diraih oleh Desa Kembaran, dan juara lll diraih oleh Desa Bateh. Untuk Durian terberat, juara l diraih oleh Desa Giyanti dengan berat 8,085 Kg, juara ll diraih oleh Desa Kebonrejo dengan berat 7,945 Kg, dan juara lll diraih oleh Desa Surojoyo dengan berat 7,940 Kg.

 

“Untuk olahan durian, juara l diraih oleh Indah Lestari dari Desa Tampir Kulon dengan olahan serena pongge, juara ll diraih oleh Nastiti dari Desa Surodadi dengan olahan keripik pongge, dan juara lll diraih oleh Gapoktan Sidomaju dari Desa Sidomulyo dengan olahan perkedel durian,” ungkap Surojoyo.

 

Sementara Wakil Bupati Magelang, Edi Cahyana memberikan apresiasi kegiatan festival itu. “Saya berharap agar festival tersebut dapat berkesinambungan setiap tahunnya, selain promosi wisata juga promosi hasil bumi asli Candimulyo salah satunya Durian khas Candimulyo,” pungkasnya. (bsn)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here