Gagal Nanjak, Bus Peziarah Asal Kulon Progo Tujuan Pakis Terguling

BNews—JOGJAKARTA— Sebuah mikrobus alias bus engkel terguling di Jalan Imogiri-Dlingo Kelurahan Dlingo, Dlingo, Bantul, Senin (24/5). Diduga, bus mengalami kecelakaan lantaran sopir tidak hafal medan sehingga gagal menanjak

Menurut keterangan, bus bernomor polisi AB 7213 AC disopiri Priyo Kuncoro, 37, asal Petapahan Kabupaten Kampar, Riau. Bus tersebut mengangkut 14 penumpang dari Kulon Progo menuju Dusun Pakis, Kalurahan Dlingo, Bantul, untuk takziah.

”Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut. Namun mikrobus rusak serta penumpang dibawa ke puskesmas. Kini kasus tersebut ditangani Unit Kecelakaan Satlantas Polres Bantul,” ujar Kapolsek Dlingo AKP Abdul Jalil.

Dijelaskan, sebelum musibah terjadi, mikrobus dalam perjalanan dari Kulon Progo menuju Dusun Pakis Kapanewon Dlingo untuk melakukan takziah. Selama dalam perjalanan mikrobus berjalan normal.

Ketika bus melintasi jalan menurun yang oleh masyarakat disebut sebagai Jalan Kaliurang, semua masih berjalan normal. Tetapi ketika naik di Jalan Kaliurang, bus mulai kehabisan tenaga di tanjakan.

Sopir sekuat tenaga melakukan manuver namun gagal. Akhirnya bus melorot dan terguling di jalan. Para penumpang pun teriak histeris. Dilaporkan belasan peziarah yang berada di dalam bus terluka.

”Hasil olah TKP di lapangan, tergulingnya mikrobus ini akibat tidak kuat menanjak. Kemudian mundur dan terguling,” ujar Abdul Jalil di sela memimpin proses evakuasi.

Kepala Unit Kecelakaan Sat Lantas Polres Bantul Iptu Mariyana menjelaskan, merujuk keterangan sopir, ketika sampai di Tanjakan Kaliurang, bus masih menggunakan gigi dua. Lantaran tidak kuat, sopir bermaksud mengoper ke gigi satu.

”Namun tetap tidak kuat dan kendaraan mlorot menabrak tebing sisi kiri sebelum terguling,” ujar Mariyana.Ia menambahkan, saat kejadian kendaraan dalam kondisi normal dan peristiwa itu ditengarai akibat sopir yang tidak hafal medan di Dlingo. (han)

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: