Tidak Ada Mahasiswa, Ini Daftar yang Ditangkap Polisi Usai Kerusuhan di DPRD Magelang

BNews—MAGELANG— Polisi menangkap sejumlah orang terkait demo yang berujung anarkis di halaman DPRD Kota Magelang, kemarin sore (26/9). Sekitar 42 orang diamankan oleh kepolisian.

Namun, diantara yang mereka tangkap, tidak ada satu pun dari unsur mahasiswa. Dimana,mahasiswa adalah penginsisasi aksi beratujuk #MagelangBergerak itu.

Advertisements


Dirpamobvit Polda Jateng Kombes Suparyono membenarkan jika tidak ada mahasiswa yang ditangkap oleh kepolisian. “Kita mintai keterangan ada 42 orang,” kata dia.


Menurutnyam mereka yang ditangkap adalah dari unsur pelajar, alumni SMK dan juga wiraswasta. “Ada pelajar, ada yang wiraswasta atau yang sudah lulus. Mahasiswa nggak ada,” katanya dia.

Menurutnya, aksi sebenarnya berjalan damai ketika semua tuntutan oleh massa #MagelangBergerak tersampaikan. Setelah itu mahasiwa menginisiasi untuk membubarkan diri.

“Kami apresiasi kepada mahasiswa yang melakukan aksi damai. Benar mereka adik-adik kita melaksanakan aksi damai, namun ada beberapa insiden kecil,” pungkas dia.

Sebelumnya diberitakan, aksi unjuk rasa #MagelangBergerak semula hanya akan diikuti oleh ratusan mahasiswa dan perwakilan organiasi kampus. Namun, begitu acara dilaksanakan ribuan orang sudah berdatangan.

Tidak hanya mahasiswa, masyarakat umum juga turut dalam aksi itu. Selain itu, massa dari sejumlah pelajar STM di Kota dan Kabupaten Magelang turut bergabung menjadi satu.

Keributan terjadi tanpa alasan. Padahal, semua tuntutan pengunjuk rasa sudah disampaikan dan sepenuhnya diterima oleh DPRD Kota Magelang.

Usai penyerahan mandat kepada Ketua DPRD, sejumlah remaja enggan dibubarkan. Mereka malah membakar sampah di tengah jalan. Kemudian disusul pelemparan batu dan benda-benda keras ke arah petugas.

Dua bom molotov juga dilaporkan dilempar ke petugas kepolisian. Ada beberapa polisi dan TNI yang terluka.

Polisi terpaksa mengeluarkan gas air mata untuk membubarkan massa. Namun, masa yang bringas tetap saja melawan petugas, dan merusak sejumlah fasilitas umum. (bn1/wan)

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: