Gandeng Petugas Damkar, Tim KKN-PPM UGM Berikan Edukasi Siswa SMP N 2 Borobudur

BNews-MAGELANG– Pada hari Jumat, 26 Januari 2024, dilakukan kegiatan Sosialisasi dan Edukasi Penanggulangan Kebakaran di SMP Negeri 2 Borobudur.

Kegiatan ini diadakan oleh Tim Kuliah Kerja Nyata Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (KKN-PPM) UGM; Periode IV tahun 2023 Unit JT-247 Borobudur.

Para mahasiswa bekerja sama dengan Unit Pelaksanaan Teknis (UPT) Pemadam Kebakaran Kabupaten Magelang dan SMP Negeri 2 Borobudur.

Kegiatan ini diikuti oleh seluruh siswa SMP dan juga para guru dengan antusias. Dengan adanya kegiatan ini, diharapkan para guru dan siswa dapat meningkatkan kewaspadaan dan mengetahui bagaimana tindakan pertama saat terjadi kebakaran, baik di sekolah maupun di luar sekolah.

Materi yang disampaikan dalam kegiatan sosialisasi ini adalah pengenalan dasar Pemadam Kebakaran, seperti tugas Pemadam Kebakaran; peralatan kerja, dan alat pelindung diri yang digunakan dalam bertugas.

Petugas Pemadam Kebakaran juga melakukan demonstrasi pemadaman kebakaran menggunakan cara tradisional setelah pemaparan materi.

Kegiatan edukasi ini dilakukan sebagai bentuk komitmen Tim KKN-PPM UGM Unit Borobudur dalam mewujudkan; tujuan Pembangunan Berkelanjutan (Sustainable Development Goals, SDGs) 4, yaitu Pendidikan Bermutu bagi warga Borobudur.

DOWNLOAD APLIKASI BOROBUDUR NEWS (KLIK DISINI)

Khususnya dalam bidang mitigasi bencana kebakaran. Edukasi ini juga berperan dalam mewujudkan SDGs 11; tentang Kota dan Komunitas Berkelanjutan.

Wakil Kepala Sekolah SMP Negeri 2 Borobudur, Erma, menyambut baik kegiatan sosialisasi ini.

“Ini merupakan kali pertama pemadam kebakaran datang ke sekolah kami untuk melakukan kegiatan edukasi mengenai kebakaran. Kegiatan ini sangat berkesan dan ilmu yang diberikan sangat bermanfaat,” ucap Erma.

Selain itu, Erma juga berharap pemaparan materi dan demonstrasi oleh UPT Pemadam Kebakaran Kabupaten Magelang dapat berlanjut menjadi kegiatan rutin di sekolah. (adv)

About The Author

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: