Gara-gara Rp 50 Ribu Kakek di Mertoyudan Disidang

BNews—MUNGKID— Seorang kekek asal Umbulharjo, Jogjakarta divonis sepuluh hari penjara oleh Pengadilan Negeri (PN) Mungkid. Terdakwa Bambang Wijanarko, 52, diputus bersalah karena terbukti melakukan penipuan di sebuah warung kelontong dengan total kerugian Rp 50 ribu.

Sejak memasuki ruang sidang hingga duduk di kursi pesakitan, Bambang sudah nampak tertunduk lesu. Dengan seksama, ia mendengarkan sidang vonis yang dibacakan hakim tunggal. Isinya, terdakwa terbukti melakukan tindak pidana ringan berupa penipuan.

”Atas kejadian tersebut terdakwa dijatuhi hukuman sepuluh hari kurungan penjara dengan percobaan tiga bulan. Dan membayar biaya perkara Rp 2 ribu. Untuk barang bukti uang Rp 50 ribu diserahkan kepada pemiliknya,” tegas hakim Mei Kristina, kemarin lusa (20/1). Sidang vonis berlangsung singkat.

Kasus yang menjerat kakek asal Kelurahan Tahunan, Kecamatan Umbulharjo, Jogjakarta tergolong langka. Sebab, korban Hartati warga Dusun Gentan, Desa Pasuruhan, Kecamatan Mertoyudan hanya mengalami kerugian Rp 50 ribu.

Uniknya, dengan estimasi kerugian yang tergolong ’kecil’, korban berhasil memejahijaukan pelaku hingga akhirnya mendekam di hotel prodeo. Fenomena itu bisa dikatakan bila masyarakat mulai melek hukum. Sedang pelaku diharapkan akan jera.

DOWNLOAD APLIKASI BOROBUDUR NEWS (KLIK DI SINI)

Kanit Sabhara Polsek Mertoyudan, Ipda Darwan menjelaskan, kronologi bermula ketika terdakwa tiba-tiba datang ke warung kelontong milik korban. Tiba-tiba, dengan dalih korban lupa memberi kembalian, pelaku mencoba meminta uang tersebut, Sabtu (18/1) sekitar pukul 11.00 WIB.

Loading...

”Terdakwa meminta Rp 50 ribu ke korban. Alasannya, suatu hari dia pernah membeli rokok dan air mineral. Tetapi merasa belum menerima kembaliannya,” jelas Darwan usai persidangan.

Kata dia, Hartati saat itu bingung. Pasalnya, korban merasa Bambang tidak pernah membeli sesuatu di warungnya. Namun terdakwa tetap bersikukuh dengan memaksa meminta Rp 50 ribu. Dengan terpaksa, uang itu korban berikan.

Atas kejadian tersebut, korban didampingi oleh saksi melaporkan ke Polsek Mertoyudan. Tidak lama terdakwa diamankankan polisi ke Mapolsek setempat untuk dimintai keterangan. Petugas juga mengamankan barang bukti selembar uang Rp 50 ribu.

”Korban dijerat dengan Pasal 379 KUHP tentang Penipuan Ringan,” tegasnya. (bsn/han)

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: