Gara-Gara Salah Input, Suara Jokowi di Magelang Bertambah 1000

BNews—MUNGKID— Kesalahan input perhitungan suara Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden kembali terjadi di Kabupaten Magelang. Alhasil, jumlah suara paslon nomer urut 1 Jokowi KH Maruf Amin bertambah seribu.

Kekeliruan itu diakui oleh KPU Kabupaten Magelang terjadi di TPS 4 Rejosari Kecamatan Pakis. Kekeliruan ini sempat viral diunggah oleh relawan Paslon 02 di media social.

Advertisements


Dalam form C1 suara Jokowi sebenarnya adalah 119. Namun diinput data KPU dituliskan 1119. Sehingga ada kelebihan suara.


“Itu murni kesalahan input dan sudah kita laporkan kepada KPU RI,” kata Komisioner KPU Kabupaten Magelang, Dwi Endis, kepada wartawan, kemairin.

Pihaknya mengaku mendapat laporan tersebut dari masyarakat. “Murni factor kesalahan human eror. Tapi langsung dilakukan perbaikan,” papar dia.

Menurutnya, kesalahan ini hanya terjadi di system input suara ke Situng. DImana, system itu tidak jadi pedoman pengambilan keputsan pemenang.

Karena, kata dia, untuk dasar penghitungan suara menggunakan sistem manual secara berjenjang dari rekapitulasi di TPS, PPS, PPK, kabupaten, provinsi sampai pusat.

“Imbauan kami bahwa tetap kembali pada metode penghitungan suara kita. Penghitungan suara kita tetap didasarkan metode manual. Metode atau sistem hitung cepat atau yang diketahui oleh masyarakat dengan scan C1 sebenarnya kan untuk mempercepat saja masyarakat tahu bagaimana hasil C1 di masing-masing TPS,” katanya.

Endis mengatakan adanya Situng tersebut justru sebagai bentuk transparansi kepada masyarakat. Sehingga masyarakat bias memberikan masukan dan turut melakukan pengawasan,” tutur dia. (bn1)

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: