Gebyar Kartika 2022, Pagelaran Profil Pelajar Pancasila SD Kartika XII-1 Magelang

BNews–MAGELANG-– Seluruh siswa SD Kartika XII-1 Akmil Magelang ikut serta dalam memeriahkan acara Gebyar Kartika 2022, Selasa (13/12/2022). Mereka tampil dalam acara Gebyar Kartika tersebut dengan mengenakan berbagai kostum menarik.

Zaidah, S.Ag Kepala SD Kartika XII-1 menuturkan, siswa dari kelas I sampai kelas VI membawakan sejumlah pertunjukan. Dimana temanya sesuai dengan ekstrakurikuler yang mereka minati atau sesuai dengan bakat mereka miliki.

“Gebyar Kartika merupakan bentuk implementasi dari program Penguatan Profil Pelajar Pancasila. Dimana setiap siswa memperoleh kesempatan yang sama untuk tampil dalam pagelaran proyek penguatan profil pelajar Pancasila ini,” katanya.

Acara Gebyar Kartika ini merupakan kolaborasi antara SD Kartika XII-1 Akmil dengan Mahasiswa PLP II PGSD Universitas Muhammadiyah Magelang.

Gebyar Kartika ini menjadi program unggulan dari program yang direncanakan mahasiswa bersama sekolah. Dalam rangkaian kegiatan PLP II mahasiswa PGSD Universitas Muhammadiyah Magelang di SD Kartika XII-1 tahun ajaran 2022/2023.

Acara Gebyar Kartika turut dihadiri oleh Wakil Ketua Yayasan Kartika Jaya Cabang XII Akmil; yaitu  Christiana Sari Proboningrum dan Ketua Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Muhammadiyah Magelang;  Agrissto Bintang Aji Pradana, M.Pd.

Keduanya sekaligus memberikan sambutan pada pembukaan acara Gebyar Kartika -XII, Selasa 13 Desember 2022.

DOWNLOAD APLIKASI BOROBUDUR NEWS (KLIK DISINI)

Terdapat beberapa ekstrakurikuler yang tampil pada acara Gebyar Kartika 2022 ini; diantaranya ekstrakurikuler Seni Tari yang menampilkan tari jaranan secara kolosal; kemudian ada ekstrakurikuler Pramuka yang menampilkan tari menggunakan sandi semaphore.

Selain itu, ada juga penampilan drama dari ekstrakurikuler Dokter Kecil, ektrakurikuler Satgas Anti Narkoba; dan ekstrakurikuler Sepak Bola. Kemudian ada ektrakurikuler tahfidz yang menampilkan tahsin makhorijul huruf; ekstrakurikuler sains club yang menampilkan demonstrasi pesawat bertenaga air; ekstrakurikuler Kartika English Club (KEC) yang menampilkan storytelling dan choir; dan yang terakhir ada ekstrakurikuler drum band dimana club drum band ini diberi nama Gistara Kartika.

Gebyar Kartika juga diramaikan dengan lomba mewarnai yang diikuti oleh sejumlah TK di sekitar komplek Akmil; seperti TK Kartika XII-II, TK Kartika XII-III, TK Pertiwi III Banyurojo, TK Kartika III-IX, TK IT Al-Huda, dan TK Al-Ikhlas.

Tidak hanya itu saja, dalam acara Gebyar Kartika juga terdapat kegiatan market day. Setiap kelas; dari kelas I sampai kelas VI dengan disampingi wali kelas masing-maisng menjual berbagai makanan, minuman, kerajinan tangan, maupun karya siswa lain.

Market day berhasil menarik antusiasme pengunjung dimana beberapa stand berhasil menjual habis produknya dalam waktu yang sangat singkat.

Market day ini merupakan ajang untuk mengekspresikan kreativitas siswa agar mereka belajar dan memiliki kemampuan berwirausaha.  (adv)

About The Author

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

error: Content is protected !!