Gelar Rakercab, Diklatcab dan Forbiscab, HIPMI Ingin Perkuat Branding Tiga Sektor Unggulan Kabupaten Magelang

BNews—MAGELANG— Badan Pengurus Cabang Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (BPC HIPMI) Kabupaten Magelang menggelar Rapat Kerja Cabang (Rakercab), Pendidikan dan Pelatihan Cabang (Diklatcab) serta Forum Bisnis Cabang (Forbiscab). Kegiatan digelar di Hotel Chandaka Borobudur, Kabupaten Magelang pada Minggu (9/6/2024).

Ketua BPC HIPMI Kabupaten Magelang, Hijrah Kurniawan Aprianto mengatakan bahwa dalam kegiatan tersebut, pihaknya membahas program kerja selama satu tahun ke depan. Salah satunya yakni memperkuat branding Kabupaten Magelang melalui tiga sektor unggulannya, yaitu pertanian, UMKM dan pariwisata.

”Ciri Kabupaten Magelang itu hilang atau kurang terlihat. Karena setiap wilayah itu harus memiliki positioning dan branding. Misalnya Borobudur wisata kelas dunia, tapi orang tahunya (di) Jogja. Ini karena positioning dan branding belum ada,” kata Hijrah kepada wartawan, Minggu (9/6/2024).

Dia menyebut, pihaknya mendorong Pemkab Magelang untuk memperkuat branding tentang tiga pilar unggulan Kabupaten Magelang, yaitu pertanian, UMKM dan pariwisata. Terdapat dua program kerja yang dirintis untuk melaksanakan tujuan tersebut.

”Program kerja yang sudah berjalan itu adalah Magelang Bussiness Mavericks dan nanti akan ada Magelang Farm Community,” ujarnya.

Kabag Perekonomian Kabupaten Magelang, Nurohmad Isroi yang hadir mewakili Pj Bupati Magelang, menyambut baik program BPC HIPMI Kabupaten Magelang tersebut. Ia berharap HIPMI terus mendorong pengembangan tiga sektor unggulan di Kabupaten Magelang tersebut.

“Pariwisata saat ini banyak sekali muncul di desa-desa, dan ini memberikan multiplier effect sehingga perlu dikelola dengan baik agar dengan jumlah yang besar, tidak terjadi persaingan yang tidak sehat,” kata Nurohmad Isroi.

IKUTI BOROBUDUR NEWS di GOOGLE NEWS (KLIK DISINI)

Di bidang UMKM, Nurohmad mengungkap, pemerintah sudah menggelontorkan banyak anggaran untuk mendorong usaha. Ia berpesan agar UMKM berhati-hati mengelola keuangan terutama bekerja sama dengan perbankan agar tetap sesuai kebutuhan dan tidak berlebihan.

“Pertanian di Kabupaten Magelang juga luar biasa, dengan peternakan dan perikanan di dalamnya. Keberadaan HIPMI bisa berperan aktif dalam memberikan benefit di tiga bidang unggulan bersama kami, saling bersinergi,” katanya.

Korwil Kedu BPD HIPMI Jateng, Ardhi Wiji Utomo menyebut BPC HIPMI Kabupaten Magelang menjadi salah satu yang paling pesat untuk perkembangan organisasinya, karena di usia enam bulan, sudah masuk ke segala lini.

Selain itu, pengelolaan organisasinya terus berkembang dengan program-program andalannya. “Semangatnya menginspirasi kami yang ada di BPC lain di Kedu supaya lebih baik dalam berorganisasi,” katanya. (*)

About The Author

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

error: Content is protected !!