Getuk Gondok Warna Warni Ciri Khas Oleh-Oleh Magelang

BNews–MAGELANG– Getuk merupakan salah satu camilan tradisional yang terbuat dari bahan utama singkong. Konon, getuk berasal dari daerah Magelang dan sudah ada sejak zaman penjajahan Jepang.

Pada waktu itu, beras yang merupakan makanan pokok masyarakat Magelang menjadi komoditas langka, sehingga masyarakat harus mencari makanan alternatif lain.

Kemudian, masyarakat Magelang memilih bahan dari singkong karena sering dijumpai dan banyak tumbuh di sekitar rumah warga.

Agar tak bosan, masyakarat Magelang mengolah singkong dengan cara dikukus, dihaluskan, dan diberi gula pasir dan gula merah, dengan tambahan parutan kelapa.

Jadilah, apa yang disebut dengan getuk. Sejarah yang melekat di masyarakat Magelang inilah yang kemudian membuat Magelang dikenal sebagai Kota Getuk.

Getuk Gondok Ciri Khas Getuk Magelang

Mungkin kalau berbicara mengenai getuk di Magelang, yang terbesit di benak pikiran mayoritas masyarakat adalah getuk trio, getuk tiga warna khas dari Magelang.

Namun, selain getuk trio, ada salah satu jenis getuk lain yang tak bisa dilewatkan saat berkunjung di Magelang, namanya getuk gondok. Getuk ini memiliki warna-warni yang menggugah selera.Ada warna coklat, putih, orange, merah muda, hijau dan lain sebagainya.

DOWNLOAD APLIKASI BOROBUDUR NEWS (KLIK DISINI)

Salah satu penjual getuk gondok yang telah melegenda di Magelang yaitu Getuk Gondok Hj. Sri Rahayu. Getuk gondok ini sudah ada sejak tahun 1985.

Asal usul penamaan getuk gondok sangat unik. Berawal dari salah satu pembeli yang tidak sengaja menyebut getuk gondok karena pemilik sebelumnya memiliki penyakit gondok.

Getuk gondok bercita rasa manis legit dengan tekstur yang lembut. Getuk gondok dijual di dalam kotak yang berisi beberapa getuk warna-warni, tak lupa pelengkapnya berupa parutan kelapa. Getuk gondok dijual berdasarkan ukuran kotak, mulai dari kotak kecil, sedang, besar sampai dengan jumbo.

Harga Getuk Gondok

Untuk getuk dengan kemasan kotak kecil dibanderol dengan harga Rp10 ribu, untuk kotak sedang Rp15 ribu, kotak besar Rp20 ribu, dan kotak jumbo harganya Rp25 ribu.

Selain menjual getuk gondok, di sini juga menjual camilan tradisional lainnya, seperti klepon, ongol-ongol, wingko, dan lain-lain. Tersedia juga aneka oleh-oleh lain khas Magelang seperti slondok, lanting, dan aneka kripik.

Saat ini, Getuk Gondok Hj. Sri Rahayu memiliki dua cabang. Yang paling terkenal dan ramai dikunjungi oleh wisatawan setiap harinya berlokasi di Pasar Rejowinangun, Jalan Mataram No. 9A, Bulurejo, Mertoyudan, Magelang.

Outlet getuk gondok di Pasar Redjowinangun ini, buka mulai pukul 09:00-16:30 WIB. Sedangkan outlet pusatnya berlokasi di Dusun Karet RT 5 RW 3, Bulurejo, Mertoyudan, Magelang. Outlet getuk gondok pusat ini buka lebih pagi mulai pukul 05:00-08:30 WIB. (*)

About The Author

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

error: Content is protected !!