H-4 Lebaran Jalur Wates Kulonprogo Sepi Pemudik

BNews–SLEMAN– Menjelang 4 hari lebaran, arus lalu lintas jalur Purworejo-Yogyakarta sepi (20/5/2020). Sejak Operasi Ketupat Progo 2020 belum ada kendaraan pribadi maupun bus antar kota antarprovinsi (AKAP) dari DKI Jakarta yang melintas.

“Sampai saat ini arus lalu lintas relatif landai di Jalan Wates. Tidak ada peningkatan signifikan karena masyarakat masih menaati imbauan pemerintah mengenai larangan mudik,” kata Perwira Pos Pengamanan (Pos Pam) Kecamatan, Gamping Iptu Sumarjiana di Sleman.

Pemeriksaan terhadap kendaraan dengan pelat luar daerah tetap terus diintensifkan. Setiap hari, petugas rata-rata hanya memeriksa 15 hingga 20 kendaraan yang diduga berasal dari daerah lain.

“Sebagian besar pelat lokal, kalau pun ada pelat B, dia adalah warga Yogyakarta yang kebetulan punya kendaraan pelat B,” kata dia.

Sumarjiana menilai belum adanya kendaraan dari wilayah zona merah yang melintasi Jalan Wates. Dia menilai, hal ini disebabkan upaya penyekatan kendaraan telah dilakukan petugas di pos pemeriksaan di wilayah perbatasan DIY di kawasan Temon, Kulonprogo.

Upaya rekayasa lalu lintas seperti yang biasa dilakukan petugas kepolisian mendekati Lebaran, kali ini tidak diperlukan mengingat kondisi arus lalu lintas landai. Kepadatan arus kendaraan yang biasa terjadi di sejumlah titik lampu lalu lintas juga belum ditemukan.

“Belum ada kepadatan. Kami pantau dulu saja mengikuti arus lalu lintas yang ada,” pungkansya. (*/her)

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: