Hadapi Kekeringan di Magelang, 5000 Liter Air Disiapkan

BNews—MUNGKID— Menghadapi musim kemarau di Magelang, Pemkab Magelang tambah jumlah persiapan tangki air bersih. Melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Magelang tambah persiapan dua kali lipat dari tahun sebelumnya.

Kepala BPBD Kabupaten Magelang, Edi Susanto mengatakan sudah siapkan persediaan tangki sebanyak 600 suplai air bersih. “Jumlah itu berarti sebanyak 5000 liter air bersih kita persiapkan untuk bantuan kepada masyarakat yang sering terkena bencana kekeringan di wilayah Kabupaten Magelang,” katanya kemarin saat ditemui di kantornya (29/7).

Jumlah tersebut meningkat dua kali lipat dari tahun 2018 lalu. “Tahun 2018 lalu kita breakdown sebanyak 300 tangki air bersih, dan tahun 2019 ini meingkat menjadi 600 tangki,” imbuhnya.

Bukan tanpa alasan penambahan ini, Edy menjelaskan hal ini dikarenakan pihaknya memperkirakan akan terjadi kemarau panjang khususnya di wilayah Kabupaten Magelang. “Untuk tahun 2019 ini hingga akhir Bulan Juli ini kami belum menerima laporan atau permintaan air bersih,” jelasnya.

Loading...

Dari informasi BMKG (Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika), untuk wilayah Jawa Tengah sendiri diperkirakan akan mengalami kemarau dari bulan Mei sampai dengan bulan September. Sedangkan secara seporadis, untuk wilayah Magelang sendiri akan terjadi kemarau mulai bulan Juni. 

“Perkiraan kami di wilayah Kabupaten Magelang akan mengalami musim kemarau selama 9 sampai 15 pekan (3 bulan, namun hingga saat ini kami belum terima laporan dari lapangan bahwa terjadi kekeringan atau kesulitan air bersih akibat kekeringan,”pungkasnya. (bsn)

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: