Harlah ke 76 Ponpes Al Iman Gelar Saresehan Kebangsaan

BNews—MUNTILAN—Masih dalam rangka Ulang Tahun ke 76  Al Iman dan 31 Pondok Pesantren Islam Al Iman Patosan Muntilan di Gelar Sarasehan Kebangsaan pagi tadi (20/3). Dua sesi sarasehan diselenggarakan yakni Pembinaan Ideologi Pancasila dan Sosialisasi 4 Pilar MPR RI.

 

Dihadiri ratusan peserta terdiri dari santri- dan santriwati AL Iman, Alummi dan Tamu Undangan memadati lapangan Pondok Pesantren Al Iman. Hadir dalam pembicara pada Sarasehan Pembinaan Ideologi Pancasila yakni Ketua Badan Pembinaan Idelogi Pancasila (BPIP) Yudi Latif serta dalam Sarasehan Sosialisasi 4 Pilar MPR RI hadir sebagai pembicara Wakil Ketua MPR RI,M.Hidayat Nur Wahid.

 

Dalam sarasehan Pembinaan Idelogi Pancasila disampaikan tentang masyarakat Indonesia yang terdikiri dari berbagai ragam Kepercayaan, Adat,Suku dan Bahasa bersatu padu dibawah Pancasila. “Jangan atas dasar perbedaan ini kita menjadi terpecah belah dengan munculnya isu-isu dari oknum-oknum yang ingin Indonesia terpecah belah,” ungkap Yudi Latif.

 

“Jadikalan perbedaan ini menjadi sebuah persatuan yang kuat dan kokoh dibawah Pancasila, tentunya dengan semboyan Bhineka Tunggal Ika yang berarti berbeda-beda tetap satu jua,” imbuhnya.

SARASEHAN : Ketua Badan Pembinaan Idelogi Pancasila (BPIP) Yudi Latif saat menjadi pembicara terkait Pembinaan Ideologi Pancasila di Ponpes Al Iman Muntilan Magelang (20/3)--(bsn)
SARASEHAN : Ketua Badan Pembinaan Idelogi Pancasila (BPIP) Yudi Latif saat menjadi pembicara terkait Pembinaan Ideologi Pancasila di Ponpes Al Iman Muntilan Magelang (20/3)–(bsn)

Sarasehan pertama berlangsung sekitar 2 jam dengan pemahaman Idelogi Pancasila. Sekitar pukul11.00 wib dilanjutkan Sarasehan sesi kedua dengan tema Sosialisasi 4 Pilar MPR RI oleh M.Hidayat Nur Wahid.

 

Pertama kali disampaikan terkait tentang Demokrasi, karena Negara Indonesia merupaka sebuah Negara Demokrasi. “Dimana sebuah  negara yang menganut sistem pemerintahan dengan mewujudkan kedaulatan rakyat,” kata M.Hidayat Nur Wahid.

 

Sedangkan 4 pilar MPR RI yakni Pancasila, UUD (Undang-undang Dasar) Negara Republik Indonesia Tahun 1945, NKRI (Negara Kesatuan Republik Indonesia), dan Bhinneka Tunggal Ika. “Hal ini merupakan perintah UU yaitu UU No 17 tahun 2014 tentang MPR, DPR, DPD, dan DPRD yang menugaskan MPR untuk mensosialisasikan 4 pilar MPR RI,” imbuhnya.

 

Wakil MPR RI ini menambahkan, bahwa sosialisasi dan pemahaman 4 pilar MPR RI sangatlah penting agar masyarakat khususnya generasi muda mampu mengimplemetasikannya. “Mencintai Indonesia perlu ditanamkan kepada generasi muda sejak dini dan tidak ada kata terlambat,” pungkasny. (bsn)

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: