Hati-hati! Ini 7 Penyebab Bibir Kering yang Harus Dihindari

BNews—KECANTIKAN— Bibir kering menjadi salah satu hal yang sering dialami oleh banyak orang, terutama perempuan. Nggak hanya mengganggu penampilan, bibir kering juga membuat lipstik jadi tidak menempel dengan sempurna.

Lalu, kira-kira apa yah yang menyebabkan bibir menjadi kering dan pecah-pecah? Coba simak penjelasannya di bawah ini yuk!

Tidak cukup minum air putih

Bibir kering bisa menjadi salah satu tanda jika tubuhmu sedang dalam keadaan dehidrasi. Untuk itu, penting untuk selalu mencukupi kebutuhan tubuh akan cairan dengan meminum air paling tidak delapan gelas per hari.

Sering menjilat bibir

Jika kamu memiliki kebiasaan menjilat bibir, hentikan kebiasaan ini mulai sekarang yuk. Menjilat bibir secara tidak langsung akan menghilangkan kelembapan alami, sehingga bibir menjadi kering dan pecah-pecah.

Formula lipstik yang tidak cocok

Sering menggunakan lip cream dan bibirmu langsung terasa kaku dan kering? Ini bisa jadi karena ada kandungan di dalam lipstik yang tidak cocok dengan bibirmu.

Untuk mencegahnya, ada baiknya selalu gunakan lip balm sebelum mengaplikasikan pewarna bibir.

Tidak menggunakan lip balm

Sama seperti kulit wajah dan tubuh, bibir juga memerlukan tambahan pelembap dari luar. Agar bibirmu selalu dalam keadaan lembap, pastikan kamu selalu menggunakan lip balm sebelum tidur dan sebelum mengaplikasikan lipstik.

Kalau bisa, pilihlah produk yang menandung SPF agar bibir juga terlindung dari pengaruh buruk sinar matahari.

Terlalu banyak mengonsumsi garam

Garam dapat mengikat cairan yang ada dalam tubuh. Hal ini menyebabkan tubuh menjadi dehidrasi sehingga bibir pun menjadi kering.

Maka dari itu, ada baiknya kamu membatasi makanan bergaram tinggi seperti junk food dan makanan instan lainnya dan memperbanyak konsumsi buah dan sayur.

Sedang dalam keadaan kurang sehat

Tubuh yang sedang dalam keadaan kurang sehat, misalnya sedang demam, juga menjadi salah satu penyebab bibir menjadi kering.

Berada terlalu lama dalam ruangan ber-AC

Udara yang dingin atau terlalu lama berada di ruangan ber-AC juga membuat bibir kering dan pecah-pecah. Jadi, selalu siapkan pelembap bibir di tas, ya!

Itu tadi dia penyebab bibir kering dan pecah-pecah. Untuk mencegah hal tersebut, pastikan asupan air putihmu cukup dan jangan lupa untuk selalu menggunakan lip balm. (*)

Sumber: popbela.com

About The Author

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: