Waspada! Honda BeAT dan Yamaha Mio Jadi Incaran Favorit Maling Motor

BNews—NASIONAL— Pihak Kepolisian memperingati bagi pemilik Honda BeAT dan Yamaha Mio untuk lebih waspada. Motor matik ini menjadi salah satu incaran favorit maling motor.

Tipe Honda BeAT dan Yamaha Mio generasi pertama memang belum menggunakan keyless hanya tutup magnet. Model kunci seperti ini sangat mudah dibobol maling motor.

Maling hanya menggunakan kunci letter T langsung kebuka kunci setangnya. Maling motor tidak perlu lama.

”(Honda BeAT dan Yamaha Mio) sangat gampang sekali untuk dicuri. Saya minta kepada masyarakat untuk dapat memberikan kunci tambahan yang diharapkan dapat membuat tingkat keamanan kendaraan bermotor lebih tinggi,” kata Kapolres Kapolresta Padang, AKBP Imran Amir.

Sementara itu di Bogor, Jawa Barat, kawanan maling juga menggemari motor matik. Dan paling mendominasi diantara motor lainnya.

Dirangkum dari berbagai sumber, belum lama ini Polres Bogor berhasil menangkap 60 orang pelaku curanmor di wilayahnya. Serta menyita barang bukti sebanyak 134 kendaraan hasil curian, 124 unit diantaranya adalah berupa motor.

DOWNLOAD APLIKASI BOROBUDUR NEWS (KLIK DI SINI)

Dan dari sekian banyak motor hasil curian yang disita dari tangan para pelaku curanmor dan penadah adalah motor jenis matik, yakni Honda BeAT. Lebih banyak dibandingkan dengan motor lainnya seperti Kawasaki Ninja, Yamaha Nmax, Yamaha Mio, Suzuki Satria dan lainnya.

Kasat Reskrim Polres Bogor AKP Handreas Ardian mengatakan, ada beberapa faktor kemungkinan, kenapa motor matik yakni Honda BeAT jadi sasaran favorit kawanan pelaku curanmor. Misalnya adalah keamanan, untuk itu para pemilik selalu diimbau untuk memakai kunci ganda ketika sedang memarkir kendaraannya.

”Bisa jadi faktor itu, mudah dicuri,” kata AKP Handreas Ardian.

Kemungkinan lain, bisa terjadi karena pengguna Honda BeAT cukup banyak sehingga ketika pelaku mendapat kesempatan untuk beraksi. Peluang yang didapat pelaku adalah sasaran motor merek ini.

Faktor peminat pembeli atau demand, kata dia, juga bisa menjadi alasan para pelaku menyasar motor ini karena laku untuk dijual kembali dengan harga yang diharapkan para pelaku dan penadah

Ungkap dia, Honda BeAT curian ini, dijual kembali oleh pelaku dengan harga kisaran Rp3 juta sampai Rp4 juta.

”Kemudian pasti faktor demand-nya, ya, orang-orang pengennya itu. Jarang orang mencuri motor Harley Davidson, kalau dia curi, dia ngebuangnya ke mana ?,” ungkap Handreas. (ala/han)

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: