HORE !!! Resmi Dibuka, Wisata Borobudur Edupark Di Mungkid Magelang

BNews–MAGELANG– Keberadaan Candi Borobudur memberikan banyak inspirasi dalam pengembangan pariwisata kawasan penyangga di Kabupaten Magelang. Salah satunya wisata baru muncul yakni Borobudur Edupark.

Lokasi tersebut adalah sebuah destinasi yang menitikberatkan pada wisata edukasi dan memiliki korelasi dengan Candi Borobudur. Dimana yang dikemas secara natural dengan konsep outdoor garden.

Unsur pemberdayaan masyarakat sekitar guna meningkatkan perekonomian wisata di kawasan Borobudur juga menjadi fokus penting.

Borobudur Edupark diinisiasi oleh PT Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan & Ratu Boko atau TWC; dalam hal ini bersinergi dengan manajemen PT Nakula Sadewa Design Art dan komunitas pecinta Borobudur. Hal ini untuk melakukan konektivitas destinasi-destinasi di kawasan Candi Borobudur dan Kabupaten Magelang.

Lokasi tersebut langsung diresmikan oleh Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo kemarin, Minggu (9/1/2022). Setelah diresmikan, destinasi Borobudur Edupark siap untuk dikunjungi wisatawan sebagai sebuah destinasi baru yang sarat dengan nilai edukasi.

Sementara itu dalam rils yang diterima Borobudurnews.com, wisata tersebut memiliki latar belakang khusus. Dimana hadirnya Borobudur Edupark ini adalah untuk memberikan pengalaman baru berwisata bagi wisatawan.

Potensi yang kuat dibidang edukasi dan atraksi serta lokasi strategis pada jalur utama menuju Candi Borobudur. Selain itu juga menjadi alasan kuat terciptanya Borobudur Edupark ini.

DOWNLOAD APLIKASI BOROBUDUR NEWS (KLIK DISINI)

Sementara tujuan lain adanya Borobudur Edupark ini yaitu sebagai pusat informasi dan edukasi wisatawan sebelum memasuki kawasan wisata Borobudur. Lalu meningkatkan kesadaran pengunjung akan pentingnya kelestarian cagar budaya.

Ada juga untuk memperkenalkan nilai-nilai luhur yang terkandung dalam relief Candi Borobudur. Dan memperkenalkan karya seni yang terinspirasi dari Candi Borobudur.

Di dalam Destinasi Wisata Borobudur Edupark terdapat lima tema utama yang diangkat. Yakni The Maestro Inspiration, Spiritual Imajiner Candi Mendut, Candi Pawon & Candi Borobudur; Learning from the Borobudur’s Temple Relief, Conservation Awareness dan Experimental Sculpture Making.

Borobudur Edupark juga menghadirkan hasil karya Maestro dari I Nyoman Alim Mustapha, seorang ahli pahat batu kelahiran Bali, yang lama menetap di Kabupaten Magelang.

Hasil karyanya sudah mendunia, seperti Miniatur Candi Borobudur di Afrika Selatan, Kebun Binatang Pairi Daiza di Belgia, Taman Hiburan Minimundus Austria; Vihara Wat Khao Sukim Thailand, Venlo Belanda, dan banyak lagi.

Bahkan workshop pembuatan 4 gerbang ikonik menuju kawasan Borobudur juga dapat disaksikan di sini.

Kehadiran Borobudur Edupark ini diharapkan dapat menjadi destinasi wisata unggulan, utamanya bagi program study tour pelajar dan mahasiswa; millenials sebagai pemburu Instagramable spot; rombongan keluarga. Serta wisatawan minat khusus bidang seni rupa, sejarah, sastra dan kriya. (*/bsn)

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: