Hore..THR Bagi PNS, TNI dan Polri Akan Cair Pekan ini

BNews–NASIONAL– Pemerintah Pusat berupaya akan cairkan Tunjangan Hari Raya (THR) serentak bagi Pegawai Negeri Sipil (PNS), Prajurit TNI, Polri dan para pensiun. Direncakan THR akan cair Jumat (15/5/2020) pekan ini.

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengaku sudah menyiapkan anggaran Rp 29,38 triliun. “Dana tersebut diperuntukkan kepada ASN pusat hingga daerah. Hal ini termasuk TNI dan Polri sebesar Rp 6,77 triliun, pensiunan sebesar Rp 8,70 triliun, dan ASN daerah sebesar Rp 13,89 triliun,” katanya (12/5/2020).

Hal tersebut, lanjutnya menyusul peraturan pemerintah (PP) atau payung hukum THR bagi PNS yang sudah ditandatangani oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi). “PMK sudah keluar, sekarang persiapan satker untuk eksekusi pembayaran. Serta diharapkan serentak paling lambat Jumat ini tanggal 15 kalau nggak salah,” imbuhnya.

Sri Mulyani juga mengingatkan pencairan THR pada akhir pekan ini hanya berlaku pada pejabat eselon III ke bawah atau tidak berlaku pada pejabat eselon I dan II serta pejabat fungsional lainnya di lembaga lain. Namun besaran THR pada tahun ini lebih kecil lantaran tanpa tunjangan kinerja (tukin).

Mengenai THR PNS bisa cair sehabis Lebaran, hal itu mengacu pada surat Sri Mulyani yang ditujukan kepada Menteri PAN-RB Tjahjo Kumolo, surat tersebut bernomor S-343/MK.02/2020.

DOWNLOAD APLIKASI BOROBUDUR NEWS (KLIK DISINI)

“THR dibayarkan paling cepat 10 hari kerja sebelum tanggal Hari Raya. Dalam hal THR tersebut belum dibayarkan, THR dapat dibayarkan setelah tanggal Hari Raya,” tulis surat tersebut.

Dirjen Perbendaharaan Negara Kemenkeu Andin Hadiyanto mengatakan proses pencairan akan mulai dilaksanakan pada Jumat (15/5) pekan ini. Hal itu sesuai dengan pernyataan Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati.

“Kita upayakan serentak,” kata Andin kemarin (11/5/2020).

Masih berdasarkan surat tersebut juga menentukan siapa-siapa saja yang mendapat THR, mulai dari PNS, prajurit TNI, anggota Polri, pegawai non-PNS. Berikut daftarnya:

1. PNS

2. Prajurit TNI

3. Anggota Polri

4. PNS, Prajurit TNI, Anggota Polri yang ditempatkan atau ditugaskan di perwakilan Republik Indonesia di luar negeri.

5. PNS, Prajurit TNI, Anggota Polri yang ditugaskan di luar instansi pemerintah baik di dalam maupun di luar negeri yang gajinya dibayar oleh instansi induknya.

6. PNS, Prajurit TNI, Anggota Polri penerima uang tunggu.

7. Penerima gaji terusan dari PNS, TNI, Polri yang meninggal dunia, tewas, gugur, atau hilang.

8. Penerima gaji dari PNS, prajurit TNI, anggota Polri yang dinyatakan hilang.

9. Hakim dalam jabatan hakim madya muda ke bawah atau kolonel ke bawah di lingkungan MA. THR yang diberikan berupa gaji pokok, tunjangan keluarga, tunjangan jabatan/umum.

10. Penerima Pensiun atau Tunjangan.

11. Pegawai non PNS pada LNS, LPP, atau BLU.

(bsn)

2 Comments
  1. Iyan says

    Harus ya bersorak untuk mengabarkan thr turun bagi para pns,apa kalian lupa banyak kaum buruh diluar sana tak merasakan thr bahkan gaji pun dipotong.Ga kebayang gimana perasaan mereka membaca ini.

  2. Sutrisno Kecel Delta Rafting says

    Dari pada buwat THR PNS mending buwat bantu para buruh yg kena dampak Corona yg nggak ada penghasilan

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: