IMM KOMKIP UNIMMA Realisasikan Keaksaraan Fungsional Berbasis Enterpreneur Di Desa Wringinputih

BNews– Magelang- IMM Fakultas KIP UNIMMA, Lolos PHP2D (Program Holistik Pemberdayaan dan Pembinaan Desa) tahun 2021. Dimana ajang itu  diselenggarakan oleh Kemendikbud.

Dibawah bimbingan Dosen Galih Istiningsih M, Pd, Tim Rahma Aulia Nurcholis cs yang berjumlah 13 orang berhasil terlaksana dan sukses. Dimana diselenggarakan i Desa Wringinputih, Kecamatan Borobudur.

Mahasiswa tersebut melaksanakan 4 program diantaranya; keaksaraan fungsional, pembuatan pupuk eco-enzym; pembuatan batik eco-print, dan pembibitan limbah kertas hingga pengemasan dan pemasaran produk. Hal ini melibatkan 2-3 warga setiap dusun, sehingga terdapat 22 warga belajar.

Keaksaraan Fungsional Semar (Seneng Makaryo) merupakan salah satu organisasi masyarakat desa Wringinputih. Dan didampingi oleh Pemerintah desa Wringinputih dan diketuai oleh Muslich yang berasal dari dusun Srigentan.

KF Semar lebih akrab kita menyebutkan ini, merupakan salah satu organisasi yang mempelopori untuk mengangkat permasalahan yang terdapat di desa Wriginputih. Baik dari masalah Pendidikan, Ekonomi, Sosial dan lainnya.

“Program yang sangat luar biasa dan memberikan ilmu serta manfaat yang tidak pernah saya dapatkan selama membijaki bumi ini. Terimakasih Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah FKIP, Terimakasih Kemendikbud, Terimakasih seluruh pihak dalam program ini,” kata Isibianti Fitrianingsih, Warga Belajar KF Semar Wringinputih, Borobudur, Magelang.

 Dengan adanya program ini masyarakat di Desa Wringinputih sangat terbantu dalam mengentaskan permasalahan di Desa Wringinputih; dan mampu memberikan ilmu yang diperoleh kepada warga di dusun sekitar warga belajar.

DOWNLOAD APLIKASI BOROBUDUR NEWS (KLIK DISINI)

Sementara menurut Rahma Aulia Nurcholis Ketua Umum IMM Komisariat KIP dalam program yang diangkat IMM FKIP tahun ini; berfokus pada keaksaraan fungsional berbasis entrepreneurship guna pengentasan masalah di desa Wringinputih.

Dimana hal itu yang dinyatakan lolos pendanaan Program Holistik Pembinaan dan Pemberdayaan Desa (PHP2D) Tahun 2021. Pendanaan oleh Kemdikbud ini tertuang pada surat yang dikeluarkan DItjen Dikti No. 3521/E2/KM.09.01/2021. Surat ini dikeluarkan 5 Juli 2021.

Dosen Pembimbing Lapangan, Galih Istiningsih, M.Pd juga mengatakan bahwa tim PHP2D KOMKIP Universitas Muhammadiyah ; salah satu organisasi yang kompak dan berdedikasi tinggi yang mampu merintis  keaksaraan fungsional berbasis wirausaha.

Tim IMM KOMKIP UNIMMA Di Desa Wringinputih saat selesai pelatihan

“Keaksaraan Fungsional  tersebut dinamai Semar (Seneng Makaryo) di desa Wringinputih. Tujuan akhirnya  bukan hanya fokus melek aksara, tetapi memiliki keterampilan,” katanya.

Menurutnya, pihaknya mengenalkan  keterampilan sesuai potensi desa, yakni  limbah sampah dan barang bekas. “Jadi kami arahkan membuat batik ecoprint, benih kertas bekas, dan pupuk organic cair dari limbah buah-buahan. Kami sisipkan cara menghitung laba dan lain-lain. Pembelajaran  lingkungan tersampaikan, keterampilan juga mahir,” imbuhnya.

“Lolosnya IMM KOMKIP dalam program PHP2D ini membuktikan bahwa Ormawa ini tidak hanya fokus di internalisasi saja. Namun juga sudah mulai merangkak kea rah nasionalisasi bahkan internasionalisasi. Tidak hanya kuat dalam perkataan namun juga Tangguh dalam keteladanan.” tambah Arif Wiyat Purnanto, M.Pd selaku Dekan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UNIMMA.  (adv)

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: