Ini Daftar 10 Kampus Negeri dan Swasta Terbaik di Jogja

BNews—JOGJAKARTA— Kota Jogjakarta dikenal dengan sebutan Kota Pelajar. Tiak sedikit mereka yang jauh-jauh datang dari penjuru nusantara untuk menempuh pendidikan di kota berjuluk Kota Gudeg.

Banyak perguruan tinggi yang berkualitas di Jogja, bahkan masuk ke dalam urutan kampus terbaik se-Indonesia. Berikut Borobudur News rangkum sepuluh kampus di Jogja yang masuk dalam daftar universitas terbaik, Senin (11/10).

Universitas Gadjah Mada

Berdiri pada tahun 1949, Universitas Gadjah Mada (UGM) ini merupakan salah satu kampus di Indonesia. Memiliki akreditasi yang bagus, UGM menjadi salah satu universitas terbaik di Jogja bahkan Indonesia. Memiliki 18 fakultas, satu sekolah pascasarjana, serta satu sekolah vokasi.

Universitas Negeri Yogyakarta

Berdiri tahun 1964, Universitas Negeri Yogyakarta ini dulunya bernama IKIP Yogyakarta. Perguruan tinggi yang dikenal sebagai sekolah untuk para calon guru ini juga memiliki jurusan yang non pendidikan. UNY memiliki delapan fakultas yang terdiri dari Fakultas Ilmu Pendidikan, Bahasa dan Seni, MIPA, Ilmu Sosial, Ekonomi, Teknik, Ilmu Keolahragaan, hingga Program Pascasarjana.

Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga

Universitas yang berlokasi di perbatasan Jogja dengan Sleman ini berdiri pada tahun 1951. Memiliki delapan fakultas serta satu sekolah pascasarjana, salah satu universitas di Jogja ini masuk ke dalam daftar universitas terbaik di sini.

Universitas Muhammadiyah Yogyakarta

Universitas swasta terbaik di Jogjakarta yang satu ini mulai berdiri pada tahun 1981. Berlokasi di Bantul, UMY memiliki sekitar sembilan Fakultas dan Program Pascasarjana. Salah satu program studi favorit di universitas yang satu ini adalah Kedokteran Umum dan Kedokteran Gigi.

Universitas Islam Indonesia

Sering disingkat menjadi UII, perguruan tinggi swasta tertua yang satu ini berdiri pada tahun 1945. Terdiri dari delapan fakultas yang terdiri dari Fakultas Ekonomi, Hukum, Ilmu Agama Islam, Kedokteran, MIPA,Psikologi dan Ilmu Sosial Budaya, Teknik Sipil dan Perencanaan, Teknologi Industri dan Internasional Program.

Universitas Atma Jaya

Universitas Atma Jaya Jogjakarta adalah salah satu kampus yang telah mendapatkan akreditasi A dari BAN PT secara institusi. Terdiri dari beberapa fakultas antara lain Fakultas Teknik, Fakultas Ekonomi, Fakultas Hukum, Fakultas Teknobiologi, Fakultas Teknologi Industri, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik dan Program Magister.

Universitas Pembangunan Nasional ’Veteran’

Universitas Pembangunan Nasional atau yang kemudian disingkat menjadi UPN Jogjakarta ini adalah salah satu universitas di Jogja terbaik. Memiliki lima fakultas yang terdiri dari Fakultas Teknologi Mineral, Fakultas Teknologi Industri, Fakultas Pertanian, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, dan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik. Jurusan yang terkenal dan favorit di UPN Jogja adalah Teknik Geologi, Agribisnis, Teknik Pertambangan dan masih banyak lagi.

Universitas Ahmad Dahlan

Berlokasi di Jalan Kapas No9, Semaki, Umbulharjo, universitas ini didirikan pada tanggal 19 Desember 1993. Terdiri dari Fakultas Agama Islam, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Fakultas Farmasi, Fakultas Hukum, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Fakultas Ilmu Kesehatan Masyarakat. Lalu Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Psikologi, Fakultas Sastra, Budaya dan Ilmu Komunikasi, Fakultas Teknologi Industri, Program Vokasi, Program Pascasarjana (S2) dan Program Profesi.

Universitas Sanata Dharma

Universitas Sanata Dharma atau sering dikenal dengan USD adalah salah satu universitas di Jogja yang terbaik. Terdiri dari lima kampus dan mempunyai tujuh fakultas serta satu program pascasarjana. Fakultas USD terdiri dari Fakultas Ekonomi, Fakultas Farmasi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Fakultas Psikologi, Fakultas Sains dan Teknologi, Fakultas Sastra, Fakultas Teologi dan Program Pasca Sarjana.

Universitas Kristen Duta Wacana

Kristen Duta Wacana adalah salah satu universitas di Jogja yang didirikan pada tahun 1962. Kampus terakreditasi A ini memiliki Fakultas Teologi, Fakultas Teknologi Informasi, Fakultas Arsitektur dan Desain, Fakultas Bisnis, Fakultas Bioteknologi, Fakultas Kedokteran, dan Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris. (ifa/han)

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: