Ini Objek Wisata yang Wajib di Kunjungi di Kota Magelang

BNews—KOTA MAGELANG— Sebuah kota kecil di Jawa Tengah, Kota Madya Magelang yang dikeliling wilayah Kabupaten Magelang ini juga tidak kalah menarik soal pariwisatanya. Berikut kami Borobudur News mereview beberapa lokasi wisata yang harus kamu datengin di Kota Magelang.

 

  1. OHD museum
PARIWISATA MAGELANG: Salah satu museum di Kota Magelang, Museum OHD (Foto-- @shin_perth )
PARIWISATA MAGELANG: Salah satu museum di Kota Magelang, Museum OHD (Foto– @shin_perth )

Museum ini sengaja mengambil nama pemiliknya yang bernama Oei Hang Djien. Museum uni ini  terletak di dua lokasi yang berbeda. Yang pertama berada di Jl. Pangeran Diponegoro no 74  dan lainnya Jl. Jenggolo no 14.

Museum ini didirikan oleh seorang kolektor asal Magelang, bernama Oei Hang Djien. Pria yang lahir pada tanggal 5 April 75 tahun silam kebih akrab di panggil dengan sebutan OHD.

OHD memulai koleksinya pada tahun 1970an. Dan untuk menyimpan seluruh koleksinya OHD membangun museum yang pertama pada tahun 1997. Dengan jumlah koleksi yang terus bertambah, ia lalu membuat museum keduanya pada tahun 2006. Saat jumlah museumnya sudah berjumlah tiga, Museum ketiga yang ia beri nama New Museum OHD baru diresmikan pada tanggal 5 April 2012.

OHD sudah memiliki koleksi lebih dari 2000 karya seni, yang terdiri dari karya anak bangsa. Diantaranya adalah lukisan, pahatan, seni instalasi, patung ataupun new media art. Karya seni ini dibuat oleh seniman-seniman besar Indonesia, seperti Affandi, S.Sudjojono, Hendra Gunawan, Widayat, dan Soedibio. Tapi tidak hanya karya seniman besar juga yang dipasang di museum ini, OHD juga menjadi wadah bagi seniman-seniman baru yang ingin menuangkan kreativitasnya.

Loading...

Hari buka : senin – minggu.  Kecuali selasa dan tanggal merah ( minggu tetap buka)

Jam buka : 10.00-17.00

Jam buka lebaran : 10.00 – 17.00

Tgl libur lebaran : h1 & h2 Lebaran

Agenda khusus lebaran : H-1 buka sampai jam 12 siang.

Harga tiket : pelajar : 25.000

Lokal : 50.000

Pelajar non lokal : 50.000

Non lokal : 100.000

 

  1. Wisata Alam Gunung Tidar
WISATA MAGELANG: Sebuha tugu mirip paku di puncak Bukit Tidar ini dinilai menjadi pakune jawa.--(Foto--Internet)
WISATA MAGELANG: Sebuha tugu mirip paku di puncak Bukit Tidar ini dinilai menjadi pakune jawa.–(Foto–Internet)

Obyek wisata Gunung Tidar di Kota Magelang merupakan bukit kecil berupa wisata alam dengan hutan pinus. Di bagian puncak terdapat makam Syeh Subakir, Kyai Geseng dan Kyai Semar. Makam tersebut masih sering didatangi rombongan para peziarah. Saat ini oleh Kementerian Pemuda dan Olahraga membangun Monumen Tanah Air Nusantara pada puncak peringatan Haornas tanggal 9 September 2017 lalu

Hari buka : buka setiap hari

Jam buka : 07.00 – 17.00

Jam buka lebaran : 07.00 – 17.00

Tgl libur lebaran : hari 1 lebaran

Agenda khusus lebaran

Harga tiket : 3000

 

  1. Museum BPK RI
MUSEUM: Salah satu Museum di Kota Magelang, Museum BPK RI  yang memilik banyak spot foto menarik--(Foto-- @hazanzain )
MUSEUM: Salah satu Museum di Kota Magelang, Museum BPK RI yang memilik banyak spot foto menarik–(Foto– @hazanzain )

Museum BPK RI merupakan salah satu Museum modern di Indonesia yang terletak di komplek eks Karesidenan Kedu. Jln. P.Diponegoro No.1 Kota Magelang, Jawa Tengah. Museum BPK RI pertama kali diresmikan pada 4 Desember 1997 dengan luas bangunan 163,80 m², kemudian pada tahun 1999 mengalami pengembangan dengan luas menjadi 260,16 m² dan pada tahun 2016 Museum BPK RI dilakukan perluasan lagi sehingga kini luas Museum BPK RI menjadi 3.880m².
Museum BPK terdiri dari 14 Ruangan antara lain:

Hari buka : buka setiap hari kecuali hari Senin

Jam buka : 09.00 – 15.00

Jam buka lebaran : –

Tgl libur lebaran : tutup s/d tgl 20 juni 2018

Agenda khusus lebaran

Harga tiket : free

 

  1. Mantyasih
BUDAYA : pendopo yang menyerupai bangunan kuno tetapi tetap bernuansa modern sering dijadikan event budaya dan menjadi satu komplek dengan prasati mantyasih (Foto-- @mantyasihmagelang )
BUDAYA : pendopo yang menyerupai bangunan kuno tetapi tetap bernuansa modern sering dijadikan event budaya dan menjadi satu komplek dengan prasati mantyasih (Foto– @mantyasihmagelang )

Merupakan sebuah prasasti peninggalan, dan kini disimpan di Kampung Meteseh, Kelurahan Magelang, Kecamatan Magelang Tengah. Dan sekarang menjadi destinasi wisata baru di Kota Magelang. Event rutinnya setiap Minggu Pahing atau Pahingan, di kampung yang dulu dinamakan Mantiyasih itu diselenggarakan pentas seni tari dari puluhan sanggar seni tari di Kota Magelang.

Gagasan seni tari di Pendopo Mantyasih ini sudah melalui persiapan panjang. Di antaranya dimilikinya pendopo yang menyerupai bangunan kuno tetapi tetap bernuansa modern.

 

Hari buka : buka setiap hari

Jam buka : 07.00 – 17.00

Jam buka lebaran : 07.00 – 17.00

Tgl libur lebaran : –

Agenda khusus lebaran : –

Harga tiket : free

 

  1. Taman Kyai Langgeng
WISATA: Tampak sebuah jembatan yang unik dijadikan spot foto, dimana jembatan ini berada di dalam komplek Taman Kyai Langgeng (Foto-- @tamankyailanggeng )
WISATA: Tampak sebuah jembatan yang unik dijadikan spot foto, dimana jembatan ini berada di dalam komplek Taman Kyai Langgeng (Foto– @tamankyailanggeng )

Salah satu obyek wisata di Jawa Tengah yang memiliki keindahan alam eksotis Gunung Sumbing dan Sungai Progo. Selain itu dilengkapi fasilitas bermain, edukasi, serta olah raga yang menarik. Dapatkan keceriaan dan kenangan selama rekreasi di Taman Kyai Langgeng.

Hari buka : senin – minggu

Jam buka : 07.00 – 17.00

untuk puasa jam 08.00 – 16.30

Jam buka lebaran : 07.00 – 17.00

Tgl paket lebaran :  15 – 24 juni 2018

Agenda khusus lebaran

Harga tiket : 35.000 usia 3 tahun sudah bertiket

– ada promo harga spesial untuk produk sosro di stand khusus kamu

– 3 hiburan kesenian tradisional

– mini dangdut

– orkes melayu dengan guest star uut selly

 

  1. Wisata Edukasi Tidar Campur
DESWITA: Salah DesaWisata Edukasi di Tidar Campur Kota Magelang, yang kini di setting menjadi sebuah kampung pelangi di Magelang (Foto--  @tidarcampur_warnawarni )
DESWITA: Salah DesaWisata Edukasi di Tidar Campur Kota Magelang, yang kini di setting menjadi sebuah kampung pelangi di Magelang (Foto– @tidarcampur_warnawarni )

Tidar Campur, adalah sebuah kampung yang berada di ujung selatan Kota Magelang. Tidar Campur terletak di wilayah Kelurahan Tidar Selatan Kecamatan Magelang Selatan Kota Magelang.

Tidar Campur, merupakan salah satu embrio desa wisata di Kota Magelang. Wisata yang ditonjolkan di Kampung Tidar Campur adalah wisata edukasi walaupun ada kegiatan lain yang menjadi agenda tetap di kampung ini.

 

Dan yang terbaru wilayah ini sekarang menjadi kampung pelangi, dimana rumah-rumah warga dan lainnya dicat warna-warna.

 

Hari buka : setiap hari

Jam buka : 07.00 – 17.00

Jam buka lebaran : 07.00 – 17.00

Tgl libur lebaran : 15 – 17 juni 2018

Agenda khusus lebaran : –

Harga tiket : Rp.   2.000.- / org

 

  1. Kebun Bibit Senopati
WISATA MAGELANG : Kebun Bunga Senopati Magelang, banyak spot foto dengan bungan di tengah perkotaan --(Foto--Internet)
WISATA MAGELANG : Kebun Bunga Senopati Magelang, banyak spot foto dengan bungan di tengah perkotaan –(Foto–Internet)

Wisata Kebun Bibit Senopati Magelang , sesuai dengan sebutanya Kota Sejuta Bunga belum lama ini kota Magelang menghadirkan wisata yang sangat Edukatif dan mampu menarik minat banyak wisatawan. Objek wisata yang menyuguhksn hamparan sebuah kebun yang dapat menambah pengetahuan para wisatawan yang datang dengan cocok tanam sistem bongkai, hidroponik,kultur jaringan dan masih banyak lainya.

Namanya Kebun Bibit Senopati Magelang , berlokasi di Jurangombo Utara dekat dengan SMA N 4 Magelang. Meskipun tak begitu luas namun objek wisata ini dapat menjadi altenatif bagi Anda ketika berada di Magelang. Selain dapat menikmati sisi keindahan kebun bunga yang tertata rapi, para wisatawan dapat berselfie dengan berbagai backgroun yang menarik tentunya.

 

Jam buka hari kerja senin-jumat

Sabtu-minggu baru direncanakan (untuk saat ini masih tentatif bukanya)

Libur lebaran buka setiap hari jam 08.00-15.00 (libur hanya tgl 14-15/6/2018)

Tiket masuk : free

 

  1. Museum Abdul Jalil

 

MUSEUM : Salah satu musem di Kota Magelang, yang berada di komplek AKMIL Magelang ini menyuguhkan koleksinya ala militer--(Foto-- @safitriumi97 )
MUSEUM : Salah satu musem di Kota Magelang, yang berada di komplek AKMIL Magelang ini menyuguhkan koleksinya ala militer–(Foto– @safitriumi97 )

Museum Taruna Abdul Jalil yang terletak di Jl. Jenderal Gatot Subroto Kota Magelang,merupakan salah satu fasilitas pendidikan Akademi Militer yang menyediakan beragam koleksi yang mempunyai peranan cukup penting dalam proses pendidikan perwira dan taruna. Museum seluas 980 m2, ini berjarak sekitar satu kilometer ke arah Selatan dari pusat Kota Magelang. Abdul Jalil merupakan seorang taruna Akademi Militer Yogyakarta yang gugur pada tanggal 22 Februari 1949 demi mempertahankan kemerdekaan RI di pelataran Sambiloto, Kalasan, Yogyakarta.

 

Museum Taruna Abdul Jalil mengoleksi senjata, peralatan pendidikan militer sejak Akademi Militer Nasional (AMN). Museum ini diresmikan pertama pada tanggal 4 Oktober 1964 oleh Brigadir Jenderal TNI Soerono Reksodimejo, kemudian dengan perkembangan jumlah koleksi yang bertambah banyak maka memerlukan ruangan yang lebih luas sehingga diresmikan gedung baru dengan nama “Museum Taruna” oleh Gubernur AMN Mayor Jenderal TNI Achmad Tahir pada tanggal 05 Oktober 1968. Pada tanggal 10 November 1975 museum diresmikan lagi oleh Mayor Jenderal Wijogo Atmodarminto dengan nama “Museum Taruna Abdul Jalil”.

 

Museum Abdul Jalil memiliki tujuh ruangan, yaitu : Ruang Auditorium, Ruang pra-AMN, Ruang AMN, Ruang Akabri, Ruang Akmil, Ruang Koleksi Senjata, Ruang Bhakti Taruna, Museum Taruna Abdul Jalil dilengkapi dengan fasilitas pemandu, toko cinderamata, mushola, kamar mandi/wc umum, pos kesehatan/p3k, tempat parkir dan pos keamanan.

 

Hari buka : setiap hari

Jam buka lebaran : 08.00 – 17.00

Agenda khusus lebaran: –

 

Itulah beberapa lokasi wisata di Kota Magelang dimana artikel ini dirangkum dari beberapa sumber. Termasuk data data berasal dari Dinas Pemuda,Olahraga, Kebudayaan dan Pariwisata Kota Magelang. (bsn)

Kaos Deglang

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: