Ini Rumah Sakit Khusus di Kota Magelang Untuk Rapid Test Covid-19

BNews—MAGELANG— Pemerintah Kota Magelang menyiapkan rumah sakit khusus untuk menjalani rapid test bagi OPD dan PDP di wilayahnya. Tes cepat ini akan dilakukan di satu rumah sakit khusus.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Magelang, dr Sri Harso mengatakan pihaknya tidak akan mencampur rapid test dengan rumah sakit lainnya. “Khawatir kalau dicampur di rumah sakit rujukan akan membuat takut masyarakat. Kita coba siapkan RS Budi Rahayu untuk tempat rapid test (tes cepat) masyarakat nanti,” kata dia.

Rumah Sakit Budi Rahayu diresmikan pada 26 November 2019. Rumah sakit di Jalan Urip Sumoharjo, Kota Magelang, itu sebelumnya dikenal sebagai sebagai Rumah Sakit Bersalin Budi Rahayu dan telah menjadi rumah sakit kelas D untuk pelayanan kesehatan umum

Menurutnya, tes cepat diprioritaskan untuk orang rentan terpapar virus. Seperti dokter, perawat, dan tenaga laboratorium. Juga OPD.

Pemerintah Kota Magelang mendapat kiriman 135 alat tes cepat dari pemerintah pusat. Sri mengatakan alat tes cepat telah didistribusikan ke RSUD Tidar sebanyak 50 unit, RST dr Soedjono sebanyak 30 unit, dan puskesmas sebanyak 55 unit.

“Hasilnya secara umum seperti apa nanti kita infokan lebih lanjut. Kalau per orang hasilnya kita rahasiakan,” imbuhnya.

Pihaknya sedang memesan 500 sampai 1.000 alat tes cepat untuk memeriksa warga dengan kriteria tertentu. Yakni warga yang tinggal di sekitar tempat tinggal pasien dalam pengawasan (PDP), pejabat yang sering bertemu dengan masyarakat, dan warga yang mengurus jenazah.

Loading...

“Puskesmas yang akan mendata siapa saja yang berhak dites, yang kami anggap orang yang memiliki mobilitas tinggi dan memiliki risiko kontak dengan ODP (orang dalam pemantauan) atau PDP,” kata Sri Harso. (her/wan)

Kaos Deglang

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: