Ini Tanggapan Manajemen Lawang Sewu Usai Viral Youtuber Diminta Bayar Rp3 Juta

BNews—SEMARANG— PT KAI Pariwisata (KAI Wisata) menyampaikan permohonan maafnya kepada Youtuber Kirandika usai videonya viral di YouTube. Dalam video di Kirandika Channel, ia sempat keberatan karena tidak diberikan izin membuat konten di Lawang Sewu Semarang dan diminta membayar Rp3 juta rupiah perjam.

Menanggapi hal tersebut Humas KAI Wisata M Ilud Siregar, menyampaikan permohonan maaf. Pihaknya juga memberikan klarifikasi dan penjelasan jika insiden yang terjadi pada Minggu (8/11) itu merupakan kesalahpahaman.

”KAI Wisata menyampaikan permohonan maaf kepada pemilik akun Youtube Kirandika Channel dan menghubungi pemilik akun tersebut untuk menyampaikan permohonan maaf,”jelasnya.

Pihaknya kemudian melakukan pembinaan khusus untuk menyosialisasikan peraturan perusahaan serta tugas pokok dan fungsi (tupoksi) kepada seluruh petugas keamanan dan lapangan di Lawang Sewu. Ia juga berharap kejadian seperti itu tidak terulang lagi.

Download Aplikasi Borobudur News (Klik Disini)

”Sesuai SOP (Standar Operasional Prosedur) yang berlaku memang ada biaya yang dikenakan kepada pengunjung jika ingin melakukan pemotretan maupun syuting,” terangnya.

”Untuk kegiatan videografi/ sinematografi atau untuk kegiatan yang bersifat komersial seperti shooting film dan shooting iklan, maka akan dikenakan biaya senilai Rp3,5juta perjam (belum termasuk PPN sepuluh persen),” imbuhnya.

Loading...

Pengunjung juga bakal dikenai biaya jika menyewa Lawang Sewu untuk gathering, pameran, pesta pernikahan, dan kegiatan lainnya. ”Jadi, tempat yang dikenakan disesuaikan dengan luasan tempat sewa dan masa sewa,” tutup dia.

Diberitakan sebelumnya, pemilik akun Kirandika Channel sempat dilarang oleh petugas keamanan saat melakukan proses vlogging di objek wisata Lawang Sewu Semarang. Bahkan ia diberitahu harus membayar Rp3 juta-an perjam kepada manajemen Lawang Sewu yakni PT KAI Wisata.

Video pelarangan yang sempat direkam diam-diam itu kemudian diunggah Kirandika ke YouTube hingga viral. (han)

Kaos Deglang

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: