Balai Konservasi Evaluasi Ijin Terbang, Buntut Drone Jatuh Di Candi Borobudur

BNews—BOROBUDUR— Balai Konservasi Evaluasi (BKB) membenarkan jika sebuah pesawat nirawak jenis drone jatuh di Candi Borobudur. Pihaknya memastikan jika peristiwa tersebut tidak menimbulkan kerusakan pada candi. Namun demikian, BKB berjanji akan melakukan evaluasi pascainsiden drone jatuh.

”Insiden jatuhnya drone ke lantai candi pada 20 Oktober 2020 lalu, tidak menyebabkan kerusakan pada struktur bangunan. Drone juga tidak membahayakan pengunjung karena kegiatan dilakukan tertutup untuk umum,” tutur Kepala BKB Wiwit Kasiyati, Kamis (29/10).

Wiwit menuturkan, pihaknya dalam waktu dekat akan mengevaluasi izin terbang drone. Namun, dirinya belum bisa menjelaskan secara detail pembahasan dalam rapat evaluasi yang akan dilaksanakan tersebut.

”Belum bisa saya sampaikan sekarang. Karena rapat evaluasi belum kami lakukan. Yang dapat kami sampaikan bahwa tidak ada kerusakan pada batu candi,” katanya.

Sebagai bentuk tanggung jawab, BKB akan melaporkan hasil evaluasi kepada pihak-pihak terkait. ”Kami akan lakukan evaluasi penerbangan drone di kawasan Candi Borobudur,” ucapnya.

Wiwit menegaskan, pihaknya menyebut jika insiden tersebut merupakan murni kecelakaan. ”Berdasarkan pada hasil pemeriksaan sementara, BKB tidak menemukan bukti pilot sengaja melakukan kerusakan,” imbuh dia.

Diberitakan sebelumnya, sebuah drone yang tengah terbang tiba-tiba jatuh hingga menimpa bangunan Candi Borobudur. Sementara PT Taman Wisata Candi (TWC) mengaku tidak menerima pengajuan izin menerbangkan drone di zona I candi.

Loading...

Padahal, seduai prosedur yang berlaku, aktivitas menerbangkan drone di zona cagar budaya itu wajib mengantongi izin. Sementara izin tersebut dikeluarkan Dirjen Kebudayaan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan serta otoritas Landasan Udara (Lanud) Adisucipto Jogjakarta.

”Kemarin sama sekali tidak ada permintaan dari kita. Karena itu di zona 1 mungkin dari pihak EO (even organizer) atau zona I dalam hal ini BKB sudah memberikan izin,” ujar Putu, Rabu (28/10). (han)

Kaos Deglang

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: