Istri KSAD Andika Perkasa Bantu Pengrajin Batu di Muntilan

BNews—MUNTILAN— Ketua Umum Persit Kartika Chandra Kirana Hetty Andika Perkasa memberikan bantuan kepada pengrajin dan seniman di kawasan Sanggar Pahat Batu Linang Sayang di Muntilan. Istri KSAD Jenderal Andika Perkasa itu memberikan bantuan sebagai upaya meringankan para pengrajin yang kehilangan pendapatan selama pandemi covid-19.

Putri mantan Kepala Badan Intelijen Negara AM Hendropriyono itu bersama rombongan mendatangi sentra pahat batu dengan mengenakan baju hijau dan masker. Setiba di salah satu sanggar, ia tetap mejaga jarak saat mengobrol kepada pengrajin patung itu.

Pengrajin yang tengah memahat arca menjawab jika sejauh ini jual-beli hasil pahat sangat menurun drastis. Pengrajin juga mengatakan mereka tidak bisa bekerja seminggu penuh seperti dahulu.

”Sangat prihatin karena bulan-bulan ini saya bekerja biasa enam hari. Sekarang empat hari,” keluh pengrajin Trisno kepada Hetty dalam kunjungan kerjanya di Magelang.

Sumber: YouTube TNI AD

Pengelola Sanggar Pahat Batu Linang Sayang Lilik Sulistiyono mengatakan, dirinya membuka tempat usaha tersebut sebenarnya sudah merugi. Sebab, pemesanan patung di Sanggar itu sudah menurun. Namun, Lilik mengaku tidak tega untuk menutup sanggarnya itu.

Sanggar milik Lilik diketahui telah menghasilkan banyak karya seni bernilai tinggi. Bahkan terkenal hingga mancanegara. Karya pahat batunya bahkan sudah diekspor ke beberapa negara di Asia, Eropa hingga Afrika.

”Daripada saya off, kan setiap hari, kan butuh makan semua. Ya, menunggu keadaan membaik, lah,” tutur Lilik yang memperkerjakan 30 karyawan itu.

Hetty yang mendengar itu merasa prihatin. Hal ini pula yang membuatnya terdorong memberikan bantuan kepada pengrajin di sana. Bantuan yang diberikan antara lain sejumlah makanan dan lainnya.

”Di masa pandemi saat ini, tak hanya materi yang dibutuhkan masyarakat. Namun kenyamanan yang kita berikan saat bersama mereka pun akan memberikan dampak yang baik,” pungkasnya. (han)

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: