Jalur Evakuasi Merapi Yang Rusak Di Magelang Segera Diperbaiki

BNews–MUNGKID– Beberapa titik jalur evakuasi di Wilayah Merapi Kabupaten Magelang megalami kerusakan. Bupati Magelang, Zaenal Arifin menyebutkan titik terparah ada di wilayah Kecamatan Srumbung.

“Paling parah ada di sisi jalur evakuasi di Srumbung, di titik daerah Pasar Bulu. Selanjutnya ada juga di alur Mangunsoko-Krinjing Kecamatan Dukun,” katanya (9/11/2020).

Dia juga menyampaikan, untuk alur evakuasi dan barak-barak pengungsian ini dibawah kendalinya Dinas Pekerjaan Umum (DPU). “Hingga saat ini pihak DPU terus melakukan persiapan-persiapan perbaikan itu. Ketika memang  terjadi sesuatu yang tidak kita inginkan,” imbuhnya.

Menurutnya, karena jalan tersebut selama ini menjadi jalurnya truk bermuatan pasir sehingga jalan mudah dan cepat sekali rusak. “Oleh sebab itu pihak DPU terus melakukan persiapan untuk perbaikan,” ujarnya.

Zaenal Arifin juga berdoa semoga Merapi tidak bergejolak hingga sampai sini cukup Siaga saja. “Tidak usah naik awas atau turun. Namun semuanya kita siapkan,” tegasnya.

Dengan meningkatnya status merapi menjadi level siaga ini, Bupati Magelang juga menghimbau kepada warga di kawasan KRB III agar terus waspada dan berhati-hati.

“Selalu ikuti panduan-panduan dari Pemerintah, khususnya pemerintah desa. Tentunya terkait perkembangan situasi merapi, karena aktivitasnya menaik sangat tajam,” himbaunya.

Maka sekali lagi, lanjutnya semua persiapkan segala seseuatu mulai dari surat berharga dan lainnya. “Kalau seandainya harus melakukan pengungsian sudah siap semua. Khususnya di 3 Desa di Kecamatan Dukun ini betul betul siaga, karena rekomendasi BPPTKG untuk melakukan evakuasi ke daerah aman,” harapnya.

“Saya tekankan kembali untuk warga agar tidak beraktivitas sesuai rekomendasi BPPTKG yakni di jarak 5 km,” pungkasnya. (bsn)

About The Author

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

error: Content is protected !!