Jarang Disadari, 3 Kebiasaan Ini Bisa Menyebabkan Jerawat Semakin Parah

BNews—TIPS— Masalah jerawat memang bikin kesal. Tak hanya mengganggu penampilan, jerawat juga membuatmu tidak nyaman, belum lagi nyeri karena tak jarang jerawat menimbulkan iritasi.

Jika tidak ditangani dengan tepat, jerawat dapat membuat kulit wajah rusak dan iritasi. Tentu kamu tidak ingin hal ini terjadi padamu kan? Tahu tidak, ternyata ada beberapa hal yang membuat jerawatmu semakin parah.

Sering Berganti Perawatan Jerawat

Sering kesal karena sudah melakukan treatment, tapi jerawat tak kunjung hilang? Eits, jangan buru-buru mengganti produk yang kamu gunakan, ya! Bergonta-ganti obat jerawat justru dapat membuat kulit iritasi yang berujung dengan terjadinya breakout.

Waktu yang efektif untuk melihat perubahan kulit setelah melakukan rutin perawatan adalah 6-8 minggu. Jika memang lebih dari itu tidak ada perubahan atau semakin parah, baru kamu konsultasi kepada dokter.

Sering Mencuci Wajah

Mencuci wajah memang baik karena dapat menghindari kotoran dan debu di wajah. Meskipun baik, tapi jika dilakukan terlalu sering juga berbahaya bagi kesehatan kulit. Cukup lakukan 2 kali sehari, karena terlalu sering mencuci wajah dapat menyebabkan breakout.

Cuci wajahmu saat pagi dan malam hari, atau setelah beraktivitas di luar. Jangan lupa untuk memakai pelembap wajah setelahnya.

Menyeka Keringat dengan Tangan

Berkeringat  di area hairline dan wajah, rasanya ingin segera dikeringkan saja. Tak jarang hal ini yang membuatmu menyeka keringat dengan tangan. Ggunakan handuk atau tissue bersih, lalu pastikan untuk mengeringkan perlahan dengan cara ditepuk-tepuk.

Hindari untuk menyeka menggunakan tangan karena akan membuat keringat tersebar di permukaan wajah. Apalagi kebersihan tanganmu pun tidak terjamin. Hal ini dapat memicu jerawat tidak segera sembuh. (*)

Sumber: Fimela.com

About The Author

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

error: Content is protected !!