Jathilan, Kesenian Tradisional Magelang yang Mengagumkan

BNews-MAGLANG- Jathilan atau Jaran Kepang adalah salah satu kesenian tradisional yang sangat menarik di masyarakat Jawa. Kesenian ini merupakan tarian yang terinspirasi dari cerita-cerita rakyat Jawa, seperti Jaran Kepang, reog, dan Monyet Jawa.

Salah satu hal yang membuat Jathilan begitu istimewa adalah penggunaan elemen sakral yang kental, termasuk musik Jawa yang khas; dan tembang yang mendayu-dayu yang dinyanyikan oleh sinden.

Hal ini mengakibatkan pemain Jathilan dapat kerasukan oleh roh, atau yang orang Jawa sebut sebagai ‘ndadi’.

Jathilan memiliki sejarah yang beragam, dengan versi cerita yang berbeda-beda. Beberapa versi cerita yang ada mengisahkan; tentang perang antara Kerajaan Mataram dengan Kolonial Belanda.

Sementara versi lain menceritakan perang melawan Kolonial Belanda yang dipimpin oleh Sultan Hamengku Buwono I; dengan dibantu oleh Sunan Kalijaga.

Ada juga versi yang menggambarkan pertempuran antara dua bangsa yang berbeda, dengan musuh di dalam Jathilan; biasanya digambarkan dalam bentuk reog atau buto.

Jathilan bukan hanya pertunjukan hiburan belaka, namun juga merupakan bentuk rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Kuasa.

DOWNLOAD APLIKASI BOROBUDUR NEWS (KLIK DISINI)

Biasanya, Jathilan diadakan sebagai ungkapan rasa syukur atas khitanan, pernikahan, atau hasil panen yang melimpah.

Kesenian Jathilan tersebar di Pulau Jawa, dan yang paling terkenal adalah di Yogyakarta. Namun, Jathilan di Magelang; juga tidak kalah menarik dan seru.

Jika Anda ingin menemukan tradisi budaya Jawa yang menarik di Magelang, Jathilan bisa menjadi pilihan yang tepat. Ketika berkunjung ke Magelang, Anda pasti akan menemukan tradisi budaya yang menarik ini.

Lantas, apa yang membuat Jathilan di Kabupaten Magelang begitu menarik dibandingkan dengan daerah lainnya? Berikut adalah 5 hal yang membuatnya istimewa:

  1. Tradisi Tarian Tertua di Magelang

Jathilan dianggap sebagai tradisi tarian tertua di Magelang, karena telah ada sejak zaman penjajahan Kolonial Belanda. Pada awalnya, Jathilan hanya merupakan tarian pemanggilan roh.

  1. Sarana Dakwah Penyebaran Agama yang Paling Diminati

Jathilan juga bisa menjadi sarana dakwah, karena ceritanya juga mengandung pesan-pesan keagamaan. Cerita dalam Jathilan sering kali menyelipkan pesan-pesan agama Islam.

  1. Mengandung Sejarah Bangsa Indonesia

Jathilan menggambarkan peristiwa-peristiwa sejarah yang penting dalam sejarah Indonesia, terutama mengenai perang antara Kolonial Belanda dengan Kerajaan Mataram. Karakter pasukan Kerajaan Mataram dan bangsa digambarkan dengan Jaran Kepang, sedangkan Kolonial Belanda digambarkan dengan reog atau buto.

  1. Sarana Pengundang Roh

Kesurupan atau ‘ndadi’ merupakan hal yang biasa dan ditunggu-tunggu oleh penonton dalam pertunjukan Jathilan. Para pemain akan menari mengikuti alunan gamelan, dan mereka akan jatuh atau berguling sebagai tanda bahwa mereka sedang dimasuki oleh roh halus. Hal ini terjadi karena penggunaan kemenyan yang telah dibakar, suara gamelan yang khas, dan tembang yang merdu.

DOWNLOAD APLIKASI BOROBUDUR NEWS (KLIK DISINI)
  1. Aksi Luar Biasa

Satu lagi hal yang menarik dari Jathilan di Magelang adalah aksi luar biasa yang seru. Hal ini menjadi favorit penonton Jathilan. Beberapa aksi unik yang sering ditampilkan adalah kemampuan pemain untuk memakan kaca atau mengupas serabut kelapa dengan gigi. Hal ini bisa terjadi karena pengaruh kesurupan, yang membuat pemain Jathilan tidak merasakan sakit atau tidak lemah sekalipun.

Itulah 5 hal menarik dari Jathilan di Magelang. Begitu menarik, bukan? Jika Anda ingin menemukan hal-hal menarik lainnya, Anda bisa langsung menyaksikan tradisi budaya yang legendaris ini. Jathilan di Magelang bisa menjadi pilihan menarik untuk menikmati tradisi budaya yang seru, dan sekaligus melanjutkan warisan budaya Indonesia yang perlu dilestarikan.

Jadi, apakah Anda tertarik untuk menyaksikan tradisi budaya Magelang yang satu ini?

Rewrite dari : Dila Rahman Dani

About The Author

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

error: Content is protected !!