Sri Sultan HB X Ciptakan Tarian Baru Bernama “Bedhaya”

BNews–JOGJA– Sebuah tarian jawa diciptakan oleh Sri Sultan HB X di Keraton Yogyakarta, Tarian tersebut bernama tarian bedhaya yang sedianya akan dipentaskan dalam Jumenengan Dalem Sri Sultan HB X yang ke-32 tahun pada Minggu (7/3/2021).

Tetapi tarian tersebut belum bisa dipentaskan karena masih dalam situasi pandemi Covid-19. Hal tersebut disampaikan Penghageng Kawedanan Hageng Punakawan Parwabudaya Kraton Ngayogyakarta GKR Mangkubumi.

GKR Mangkubumi mengatakan Sri Sultan HB X sebenarnya telah menciptakan sebuah tarian, berupa tari Bedhaya. Namun karena belum dipentaskan, tarian tersebut masih dirahasiakan konsep alur cerita hingga namanya.

“Tentunya tarian Bedhaya, karena tarian yang diciptakan beliau biasanya kan Bedhaya, cuma untuk nama, bentuk tarian masih rahasia, belum bisa disampaikan,” kata GKR Mangkubumi di sela-sela Serasehan Jumenengan Dalem Sri Sultan HB X di Pendapa Agung, Royal Ambarrukmo, Minggu (7/3/2021) malam.

Gusti Mangkubumi mengakui, tarian ciptaan HB X tersebut sejatinya akan dipentaskan pada saat peringatan Jumenengan Dalem HB X tepatnya pada 7 Maret 2021. Tetapi karena situasi masih pandemi, sehingga belum bisa dipentaskan.

“Seharusnya memang dipentaskan malam ini tetapi karena masih pandemi, ya situasi masih seperti ini [ada pembatasan kegiatan], jadi menunggu waktu sampai diperbolehkan, tetapi belum tahu kapan,” katanya.

Ia sedikit membeberkan tentang tarian bedhaya tersebut yang seperti bedhaya pada umumnya ditampilkan sembilan orang penari. Hanya saja cerita dan alurnya berbeda.

 “Kalau bedhaya sembilan orang yang memainkan, setiap [yang menciptakan beda-beda], kalau tarian bedhaya hampir sama, tetapi cerita dan alurnya itu kan berbeda. Ada momentum yang itu beliau [Raja Kraton Ngayogyakarta] menciptakan tarian,” ucapnya. (*)

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: